Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Peninggalan Kerajaan Banten Yang Masih Ada

Peninggalan Kerajaan Banten,

Bukti Peninggalan Kerajaan Banten - Kerajaan Banten merupakan salah satu kerajaan Islam yang ada di indonesia. Kerajaan Banten juga merupakan kerajaan tertua yang berdiri di tanah Pasundan.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, mari kita ulik sedikit Sejarah Singkat Kerajaan Banten

Sejarah Singkat Kerajaan Banten

Kerajaan Banten di dirikan pada abad ke-13, atau tepatnya pada tahun 1552 oleh Syarif Hidayatullah atau yang sering di kenal sebagai Sunan Gunung Jati.

Mulai terbentuknya kerajaan Banten karena di dasarkan Kerajaan Demak ingin memperluas Wilayah dan sekaligus menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa.

Kerajaan yang ada pada saat itu ialah Kerajaan Sunda, kerajaan Sunda bersekutu dengan pasukan Portugis , untuk memperkuat pasukan Kerajaan Sunda.

Syarif Hidayatullah datang dan memerangi untuk merebut kekuasaan kembali untuk menyebarkan Islam di Tanah Sunda.

Setelah penyebaran Islam masuk ke Pulau Jawa, pada saat itu juga selat Sunda menjadi pusat perdagangan dunia.

Semakin berkembangnya Kerajaan Banten, kini Kerajaan Banten sudah di pimpin oleh 16 Raja. Yaitu Sultan Maulana Hasanuddin (1552 sampai 1570) , Maulana Yusuf (1570 sampai 1580) , Maulana Muhammad (1580 sampai 1596) , Pangeran Ratu (1596 sampai 1651) dan lainnya. 

Meskipun Kerajaan Banten berdiri pada tahun 1552 hingga 1813, tetapi Masa Kejayan Kerajaan Banten terjadi pada tahun 1651 hingga 1682 pada saat Kerajaan di pimpin oleh Sultan Agung Tirtayasa. 

Sultan Agung Tirtayasa berani melawan VOC yang di pimpin langsung oleh Belanda, karena VOC ingin menguasai perdangangan yang telah di kembangkan oleh Kerajaan Banten.

Tetapi disayangkan pemberontakan itu gagal yang dikarenakan tindakan anaknya yang bernama Sultan Abdul Qahar atau dikenal dengan julukan Sultan Haji. Karena tindakan putra Sultan Agung Tirtayasa pada saat itu juga Kerajaan Banten mengalami kemunduran dan pada tahun 1813 Kerajaan Banten mengalami kehancuran.

Meskipun Kerajaan Banten mengalami kehancuran dan kegagalan, bukan berarti kita melupakan perjuangan mereka yang sudah berjuang untuk mempertahankan dan menyebarkan ajaran Islam.

Dari kehancuran itu, masih ada beberapa benda Peninggalan Kerajaan Banten yang masih ada sampai saat ini yaitu sebagai berikut;

Berikut 6 Bukti Peninggalan Kerajaan Banten

Bukti Peninggalan Kerajaan Banten merupakan saksi bisu adanya sebuah Kerajaan itu, mari sejak dini kita lestarikan Peninggalan Kerajaan yang masih ada saat ini.
  • Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten terletak di desa Banten Lama kecamatan Kasemen, Masjid Agung merupakan bukti peninggalan kerajaan Banten yang masih ada sampai sekarang. 

Masjid Agung Banten mempunyai keunikan pada bentuknya, memiliki bentuk seperti Mercusuar,  dan pada bagian atap Masjid mirip seperti Pagoda.

Pada sisi kanan dan kiri, terdapat makam Kesultanan Banten beserta Keluarganya.

Sampai saat ini Masjid Agung Banten masih berdiri kokoh dan tegak, karena masyarakat memang masyarakat disekitarnya selalu merawatnya. 

Setiap malam jum'at biasanya sekitaran bagian Masjid akan ramai oleh pengunjung, karena pada malam jum'at banyak warga Banten yang berziarah ke makam Kesultanan Banten.

  • Danau Tasikardi
Danau Tasikardi

Danau Tasikardi merupakan danau buatan yang di buat pada masa pemerintahan Kesultanan Maulana Yusuf, pembuatan danau Tasikardi ini masih menggunakan cara manual dengan cara gotong royong, untuk bahan yang digunakan ialah lapisan batu bara.

Danau Tasikardi merupakan salah satu bukti Peninggalan Kerajaan Banten yang sampai saat ini masih ada, dan sekarang menjadi pusat wisata bagi warga Banten dan bisa dinikmati juga oleh warga luar Banten, karena Danau Tasikardi merupakan tempat Wisata umum.

  • Meriam Ki Amuk
Meriam Ki Amuk

Meriam Ki Amuk ini merupakan peninggalan alat perang Kerajaan Banten pada masa itu, Meriam Ki Amuk tersebut masih ada sampai saat ini dan terletak di meseum Banten. Umur dari Meriam tersebut sudah terbilang sangat tua. 

Bagi kamu yang ingin melihat langsung Meriam Ki Amuk, kamu bisa langsung datang di museum Banten Lama. 

  • Istana Keraton Kaibon
Istana Kraton Kaibon

Istana Keraton Kaibon merupakan tempat tinggal sang ibunda ratu Aisyah dari Sultan Saifuddin.
 
Istana Keraton Kaibon merupakan bukti peninggalan kerajaan Banten yang sampai saat ini masih ada dan dapat kita jumpai, meskipun hanya reruntuhan dan pola bentuk istananya saja.

Bahkan istana Keraton Kaibon merupakan tempat wisata yang sering di kunjungi untuk melakukan photoshoot dan video shoot.

  • Istana Keraton Surosowan
Istana Kraton Surosowan

Istana Keraton Surosowan merupakan tempat pusat pemerintahan pada saat itu, dan juga digunakan sebagai tempat tinggal para Kesultanan Banten.

Sama seperti Istana Kaibon, sekarang Istana Keraton Surosowan sudah dijadikan tempat wisata dan sangat ramai di kunjungi, meskipun hanya ada bekas-bekas reruntuhan.

  • Benteng Speelewijk
Benteng Speelewijk

Seperti namanya Benteng, benteng ini menjadi saksi bisu berdirinya Kerajaan Banten, dan sampai saat ini benteng Speelewijk masih ada dan berdiri, meskipun ada beberapa bagian yang runtuh karena kemakan usia.

Benteng Speelewijk ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang sering di kunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Seandainya jika Sultan Haji tidak melakukan kesalahan mungkin bisa saja Kerajaan Banten mampu mengalahkan VOC pada saat itu. 


Semoga dengan adanya Bukti Peninggalan Kerajaan Banten Yang Masih Ada Sampai Saat ini menambah wawasan kita. 


Posting Komentar untuk "Bukti Peninggalan Kerajaan Banten Yang Masih Ada "