Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Banten Yang Sering di Cari

Makanan Khas Banten Yang Sering di Cari



Makanan Khas Banten Yang Sering di Cari
- Kamu sering singgah atau berlibur di Provinsi Banten? Jangan lupa cobain makanan khasnya.

Banten tidak terkenal hanya dengan Paku Banten dan Debus Banten saja, Banten juga terkenal akan aneka ragam makanan khasnya.

Bagi kamu yang suka kulineran wajib banget nih cobain makanan khas Banten ini. 

Makanan Khas Daerah Banten Yang Wajib Kalian Coba


Makanan khas Banten bisa kamu temui di pinggiran jalan kota yang berada di Banten, karena makanan Khas Banten sudah menjadi makanan umum warga Banten.

Karena memang cara pembuatannya sangat mudah, karena itu kamu bisa menjumpainya di mana saja, nah berikut adalah beberapa makanan khas Banten yang wajib kamu coba kalo sedang berlibur di Provinsi Banten.

7 Makanan Khas Banten Serang


Makanan khas orang Banten ini bisa kita jumpai di pinggiran jalanan yang ada pada kota besar, kota Serang , kota Cilegon dan beberapa kota lainnya.

  • Pecak Bandeng
Makanan Khas Banten

Pecak Bandeng merupakan makanan khas Serang, ibu kotanya Provinsi Banten. Meskipun pecak bandeng merupakan makanan khas Serang, kamu dapat dengan mudah menjumpai nya di berbagai kota seperti, Jakarta, Kabupaten Lebak, Kota Cilegon, Kota Tanggerang dan tentunya Kota Serang.

Pecak bandeng merupakan makanan khas Banten dari ikan, dan bahan utama yang digunakan hanya dua yaitu sambal pecak dan ikan Bandeng.

Pecak Bandeng akan terasa lebih nikmat lagi jika kamu makan dengan nasi putih anget dan es teh anget.

Untuk harga dari pecak bandeng pun terbilang cukup murah, untuk satu porsinya hanya sekisaran Rp.30.000 sampai Rp.50.000 saja, dengan haraga segitu kamu sudah mendapatkan satu ikan bandeng + nasi putih anget + es teh anget + lalapan, cukup murah bukan ?

Kamu bisa menjumpainya di warung-warung pinggir jalan, bahkan di tempat-tempat wisata juga, biasa para penjual menjual untuk di jadikan oleh-oleh.
  • Nasi Bakar Sumsum
Makanan Khas Banten


Ya, nasi bakar Sumsum bukan bubur sumsum, terbuat dari nasi, sumsum sapi, minyak sayur, serai, dan Duan pisang untuk membungkus dan ada beberapa tambahan bubu lainya.

Bagi kalian yang penasaran dengan rasa nasi bakar Sumsum kalian wajib mampir nih ke Serang.

Nasi bakar Sumsum sangat cocok di makan saat cuaca sedang dingin.

  • Kue Jojorong
Makanan Khas Banten

Kue Jojorong juga merupakan makanan khas Serang, kue Jojorong paling nikmat disantap pada pagi hari untuk sarapan, sebelum memulai aktifitas sehari-hari.

Kue Jojorong ini memiliki tekstur lembut dan lumer saat disantap, rasa manis yang alami ada pada kue Jojorong yang menjadikannya makanan khas Serang.

Rasa manis yang terdapat pada kue Jojorong berasal dari gula merah yang dicairkan.

Sekilas memang seperti bubur sumsum, eist jangan salah rasa kue Jojorong sangat beda dengan bubur sumsum, kalo kamu penasaran kamu bisa membelinya kok di pasar tradisional Banten.
  • Ketan Bintul
Makanan Khas Banten

Jika makanan sebelumnya paling cocok disantap di pagi hari, maka kentan bintul ini sangat cocok untuk menu berbuka puasa bersama keluarga.

Bahan utamanya yaitu beras ketan dan serundeng. Wow nikmat banget bukan.

Makanan khas Banten Ketan Bintul yang sering sekali dicari pada bulan puasa. Untuk kamu yang mencobanya kamu bisa menjumpainya di pasar tradisional Banten.

Jika kamu beruntung kamu bisa menjumpainya di bulan puasa di masjid-masjid.

  • Opak
Makanan Khas Banten

Opak makanan ringan khas Banten, jika sering berziarah ke pemakaman yang ada di Banten, kamu wajib coba makanan satu ini Opak, sangat cocok untuk dijadikan cemilan saat dalam perjalanan pulang berlibur ke Banten.

Opak juga sering dijadikan suguhan pada acara lebaran idul Fitri, untuk menyuguhi para tamu yang singgah.

Opak juga merupakan oleh-oleh khas Banten loh, makanan yang bisa kamu temui di berbagai daerah seperti, peziarahan Banten, tempat wisata Banten, pasar tradisional Banten dan toko oleh-oleh makanan.

  • Gipang
Makanan Khas Banten


Sama halnya seperti Opak, gipang paling sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan suguhan pada hari raya idul Fitri.

Memiliki rasa manis dan renyah, yang membuatnya menjadi cemilan. Gipang memiliki berbagai rasa seperti, rasa pandan, gipang selai kacang, gipang gula merah

Tekstur dari gipang sendiri memiliki tekstur lengkat namu gurih saat dimakan, tekstur renyah itu terdapat pada beras ketan putih dan beras ketan merah, sedangkan tekstur lengkat berasal dari olesan gula merah.

  • Sate Bandeng
Makanan Khas Banten

Sate pada umumnya terbuat dari daging ayam, sapi atau kambing, tetapi di Banten sate juga bisa terbuat dari ikan bandeng.

Ada beberapa langkah sebelum ikan bandeng di jadikan sate, langkah awal yaitu dengan cara memisahkan antara daging bandeng dengan dirinya. Uniknya bukan ??? 

Daging yang sudah dipisahkan kemudian dicampur dengan bumbu rempah-rempah yang sudah disiapkannya, dan kemudian diaduk sampai merata.

Setelah diaduk sampai rata kemudian daging ikan bandeng dibentuk lonjong panjang seperti semulanya, lalu ditusuk pada bagian atas dan bawahnya.

Meskipun terbilang aneh, sete bandeng merupakan makanan favorit warga Banten, terutama Kota Serang.

Sate bandeng sudah terkenal sebagai makanan khas Banten loh.

Gimana kalian tertarik dengan Makanan Khas Banten ??? Jangan lupa berkunjung ke Banten ya banyak tempat wisata dan budaya yang perlu kita kunjungi.

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Banten Yang Sering di Cari"