Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata di Banten Selain Pantai

Tempat Wisata di Banten Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat wisata di Banten Selain Pantai - Provinsi Banten merupakan provinsi yang terletak di ujung pulau Jawa, lokasi yang sangat strategis karena terletak dipinggiran Pantai.

Meskipun berada dipinggiran Pantai, banyak sekali tempat wisata yang ada di Banten selain pantai. Selain itu juga harga tiket masuk ke tempat wisata Banten terbilang cukup murah.

Tempat Wisata di Daerah Banten


Bagi kalian warga Jakarta atau Bekasi yang ingin berlibur kalian wajib mampir ke Banten, jika kamu berlibur ke Provinsi Banten, kamu juga akan di suguhkan kesenian tradisional khas Banten.

Banten merupakan provinsi yang kaya akan kesenian tradisional, seperti halnya kesenian Debus Banten, yang menjadi ciri khas Banten.
Tempat Wisata di Banten Selain Pantai
Jika kamu bosan berlibur ke pantai, mungkin rekomendasi liburan selain  pantai ini cocok untuk kamu, nah berikut adalah beberapa

Tempat wisata di Banten selain pantai

  • Kampung Suku Baduy
Tempat Wisata di Banten Yang Wajib Kamu Kunjungi
Kampung Suku Baduy 

Mungkin terbilang sedikit aneh, tapi percayalah bagi kamu yang menyukai tempat-tempat asri nan bersih kampung Suku Baduy adalah tempat wisata utama yang wajib kamu coba

Kenapa ? Karena Kampung suku Baduy benar-benar masih asri dan belum tersentuh modernisasi. Adat istiadat Suku Baduy masih sangat kental, semua keperluan yang mereka butuhkan berasal dari alam.

Baca jugaRumah Adat Banten

Pakaian baju dan celana mereka buat menggunakan hasil alam, pembuatannya juga masih manual menggunakan tangan.
Bagi kamu yang ingin berlibur ke Provinsi Banten, kamu wajib sekali mengunjungi Kampung Suku Baduy, untuk harganya sendiri tidak patokan besar kecilnya.

Perlu di ingat juga ketika kamu berlibur ke Kampung Suku Baduy kamu harus sopan dan santun, dan tentunya jangan melanggar larangan yang ada, karena Suku Baduy masih sangat kuat nilai mistisnya.

Peraturan yang perlu kamu ingat, jangan membuang sampah sembarangan, apalagi jika kamu berada di Kampung Suku Baduy Dalam.

  • Gunung Krakatau
Tempat Wisata di Banten Yang Wajib Kamu Kunjungi
Gunung Krakatau

Gunung Krakatau pernah mendunia yang disebabkan letusannya pada tahun 1883, tetapi berjalannya dengan waktu, gunung Krakatau sekarang sudah menjadi tempat wisata di Banten.

Baca jugaTarian Khas Banten

Bagi kamu seorang pendaki gunung mungkin kamu wajib coba tempat wisata satu ini, gunung Krakatau menjadi tempat wisata di Banten yang paling diminati oleh para pendaki gunung.

Gunung Krakatau merupakan tempat wisata yang berada di tengah-tengah, yang akan menyajikan keindahan laut ketika kamu berada di atas puncak gunung Krakatau.

  • Arung Jeram Sungai Ciberang
Arung Jeram Sungai Ciberang

Hanya satu-satunya tempat wisata di Banten, berlokasi di daerah Ciberang. Arung Jeram merupakan tempat yang paling diminati oleh warga Banten terutama warga kota Serang.
Wisata arung jeram ini di buka untuk umum kok, bagi kamu warga luar Provinsi Banten kamu tetap bisa menikmati permainan arung jeram ini.

Sebelum itu kamu wajib cari tau terlebih dahulu keadaan Arung jeram ini, karena terkadang air sungai Ciberang menyusut, jadi daripada kamu jauh-jauh ke Banten tetapi tutup dikarenakan air sungai Ciberang menyusut, lebih baik mencari tau terlebih dahulu.

  • Danau Tasikardi
Danau Tasikardi 

Tasikardi adalah tempat wisata di Banten selain pantai yang sering di jadikan objek foto oleh para pengunjung.

Tasikardi adalah danau buatan yang di buat pada tahun 1570 M, pada masa kerajaan , tasikardi merupakan tempat beristirahat para keluarga kesultanan Banten.

Fungsi danau tasikardi pada kala itu untuk menampung air sungai dari sungai Cibanten untuk mengairi persawahan yang ada disekitarnya.

Seiringnya waktu berjalan, tasikardi berubah fungsi menjadi salah satu tempat wisata di Banten.

Luas dari keseluruhan danau tasikardi 6 KM persegi. Sekarang Tasikardi sudah menjadi tempat wisata umum warga Banten dan sekitarnya.

  • Masjid Agung Banten
Tempat Wisata di Banten Yang Wajib Kamu Kunjungi
Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten merupakan sebuah peninggalan sejarah yang sangat penting dan salah satu peninggalan kerajaan Islam, berdiri sejak tahun 1569 dan sampai sekarang masih berdiri tegak.

Selain itu Majid Agung juga merupakan tempat wisata ziarah di Banten, karena terdapat makam orang-orang yang berjasa pada masa kejayaan kerajaan Banten.

Masjid Agung tidak pernah sepi oleh para pengunjung, masjid agung paling ramai di kunjungi pada hari-hari tertentu, hari Jum'at dan malam Jum'at.

Untuk tiket masuknya tidak ada patokan, kamu hanya perlu membayar tempat parkir saja.

  • Rawa Dano
Tempat Wisata di Banten Yang Wajib Kamu Kunjungi
Rawa Dano

Rawa Dano merupakan tempat wisata yang berada di kabupaten Serang, konon katanya Rawa Dano ini bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.


Sekarang rawa Dano sudah beralihlah fungsi menjadi tempat wisata, memiliki luas sekitar 2,500 hektar, di hidupi aneka hewan dan pepohonan.

  • Taman Nasional Ujung Kulon
Tempat Wisata di Banten Yang Wajib Kamu Kunjungi
Taman Nasional Ujung Kulon 

Sesuai dengan namanya Ujung Kulon, yang berarti Berada Paling Ujung. Ujung Kulon merupakan salah satu tempat favorit warga Banten terutama Kota Jakarta dan sekitarnya.
Bagi kamu yang berlibur ke Taman Nasional Ujung Kulon kamu bisa berkemah bersama keluarga ataupun sahabat.

Fungsi utamanya adalah menjaga populasi Badak, untuk melindungi Badak dari para pemburu liar.

Nah karena itulah icon Provinsi Banten menggunakan kepala Badak.


Kamu wajib coba tempat wisata di Banten selain pantai, bukan hanya karena tiket masuknya murah tetapi tempat Wisata ini memiliki keindahan sendiri dibandingkan pantai.

Tempat Wisata Pantai di Banten

Nah bagi kamu yang suka menikmati sunrise & sunset pantai adalah tempat yang tepat, kamu bisa menikmati keindahan sunrise & sunset bersama orang tersayang.

  • Pantai Anyer
Pantai Anyer 

Pantai Anyer merupakan tempat wisata yang paling ramai dikunjungi, apalagi pada hari-hari spesial. Biasanya para pengunjung lebih sering menghabiskan waktunya bersama keluarga ataupun sahabat.

Jika kamu ingin berlibur ke Pantai Anyer lebih baik hindari hari-hari setelah lebaran idul Fitri, karena lonjakan pengunjung Pantai Anyer lebih banyak di hari itu.

Untuk tiket harga tiket masuknya cukup murah mulai dari harga 20.000 per setiap kendaraan bermotor, biasanya untuk rombongan bus akan dikenakan tarif sekitar 200.00, dan untuk mobil keluarga sekitar 50.000 an.

  • Tanjung Lesung
Tempat Wisata di Banten Yang Wajib Kamu Kunjungi
Pantai Tanjung Lesung

Banten merupakan daerah yang dikelilingi lautan, maka tidak heran jika tempat-tempat wisata yang ada disekitarnya berdekatan dengan laut.

Namun Tanjung Lesung itu sebuah pantai yang sangat indah nan asri, kebersihan pantai Tanjung lesung sangat terjaga, serta ke keindahannya sama seperti pantai Kuta Bali.
Memang letaknya berada paling ujung bagian barat serta memakan waktu cukup lama, tapi semua itu akan terbayar lunas dengan keindahan pantainya.

Tidak perlu khawatir jika kamu ingin bermalam-malam di sana, kamu bisa menyewa penginapan hotel ataupun vila.

  • Pantai Sawarna
Tempat Wisata di Banten Yang Wajib Kamu Kunjungi
Pantai Sawarna 

Sama halnya seperti pantai Tanjung lesung, memiliki keindahan alam yang asri dan kebersihan pantai yang sangat terjaga.

Di pantai Sawarna kamu juga bisa berselancar, karena pantai Sawarna memiliki ombak yang cukup besar.


Meskipun terbilang masih baru, peminat para wisatawan yang ingin berlibur ke pantai Sawarna cukup banyak.

  • Pulau Umang
Tempat Wisata di Banten Yang Wajib Kamu Kunjungi
Pulau Umang 

Pulau Umang letaknya berdekatan dengan pantai Tanjung lesung, pulau Umang paling cocok bagi kamu yang ingin berbulan madu, memiliki keindahan pantai yang tidak diragukan lagi.

Kalo kamu warga Jakarta kamu perlu menempuh perjalanan sejauh 150 km.


Nah demikianlah pembahasan mengenai Tempat Wisata di Banten Selain Pantai , semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari tempat wisata-wisata di Banten.

2 komentar untuk "Tempat Wisata di Banten Selain Pantai "

  1. Saya pingin ke Kampung Suku Baduy... keren kali yaa?

    BalasHapus
  2. Thanks atas sharingnya, jadi ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata yang ada di banten, apalagi pantainya yang begitu indah.

    BalasHapus

Jangan Spam Komentar