Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oleh2 Khas Banten Yang Wajib di Beli

Oleh2 Khas Banten

Oleh2 Khas Banten - Banten merupakan sebuah provinsi yang berada di ujung pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten termasuk provinsi yang sangat cepat berkembang di sektor industri dan pariwisata, bisa dilihat banyak kawasan industri yang berada pada provinsi Banten.

Akan tetapi Banten termasuk provinsi di kelilingi oleh lautan yang membuatnya mempunyai bahan baku melimpah dari sektor laut, bahkan makanan dan sehari-hari tidak jauh dari kata laut.

Jika kamu berkunjung di Banten jangan lupa untuk membeli oleh2 khas Banten, oleh2 khas Banten berupa makanan, kue dan bahkan aksesoris.

Oleh2 Khas Banten Yang Wajib di Beli


Barangkali kamu habis berlibur dari pantai Tanjung Lesunga atau ke Ujung Kulon, jangan lupa untuk membeli oleh2 khas Banten sebagai buah tangan untuk orang rumah.


1. Gipang

Oleh2 Khas Banten
Gipang kue khas Banten 

Gipang merupakan makanan sejenis kue khas provinsi Banten, yang terbuat dari bahan baku ketan dan kacang. Kamu bisa membeli Gipang untuk dijadikan oleh2 untuk orang rumah.

Eitttsss tenang, Gipang termasuk jenis makan kue kering dan jangka waktunya untuk di konsumsipun sangat lama, gipang sangat cocok untuk dijadikan oleh2 khas Banten, karena dari segi harga cukup murah dan bisa tahan hingga lama, asalkan tertutup rapat plastik.

Gipang merupakan salah satu makanan khas provinsi Banten loh.


2. Ceplis

Oleh2 Khas Banten
Ceplis oleh2 khas Banten 

Nah oleh2 satu ini berasal dari kota Cilegon Banten, yang terbuat dari buah Melinjo, meskipun Banten bukan termasuk provinsi pengasihan buah Melinjo akan tetapi di tangan masyarakat Cilegon buah melinjo di olah menjadi makanan yang sangat menarik.

Rasanya pun bervariasi, ada manis, pedas, asin dan tentunya gurih. Sangat cocok sekali di jadikan buah tangan untuk orang rumah.

Ceplis termasuk makanan kering kok seperti gipang, bahkan bisa lebih awet jika tidak terkena udara. 


3. Emping

Oleh2 Khas Banten
Emping Makanan khas provinsi Banten 

Emping ini merupakan hasil olahan dari buah Melinjo yang sudah tua. Buah melinjo yang sudah tua kemudian di tumbuk agar lebih lebar bentuknya.

Prosesnya pembuatan emping cukup mudah kok, kita hanya perlu mengambil buah melinjo yang sudah tua kemudian pisahkan dari cangkang dalamnya lalu tumbuk buah melinjo sampai berbentuk tipis melebar, untuk menghasilkan emping yang enak nan gurih biasanya masyarakat Banten akan menjemurnya terlebih dulu sebelum di goreng.

Emping juga termasuk oleh2 khas Banten yang sangat sering di cari, karena sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan ataupun temen makan sebagai kerupuk, karena rasanya yang pahit-pahit gurih.


4. Otak-otak

Oleh2 Khas Banten
Otak-otak oleh2 khas Banten 

Otak-otak biasanya terbuat dari bahan pokok ikan tenggiri, akan tetapi beda halnya dengan Otak-otak khas Banten, yang terbuat dari bahan pokok ikan bandeng. 

Iyaa memang yang membuatnya beda hanya bahan pokonya saja, untuk yang lainnya sama saja. Otak-otak termasuk makanan yang sangat cocok untuk dijadikan oleh2, karena bisa bertahan lama dalam kondisi apapun.


5. Kue Balok

Oleh2 Khas Banten
Kue balok makanan khas provinsi Banten 

Kue balok khas Banten ini berbeda dengan kue balok yang kita temui di Jawa barat, jika kue balok yang ada di Jawa barat memiliki bentuk dan rasa seperti pukis, sedangkan kue balok yang ada di Banten memiliki rasa dan bentuk seperti Getuk, karena terbuat dari bahan yang sama yaitu Singkong, hanya saja pengelolaannya yang beda.

Kue Balok khas Banten ini bisa kamu temui di daerah Pandeglang dan sekitarnya. Sangat cocok untuk dijadikan oleh2 khas Banten sebagai buah tangan untuk orang rumah.


6. Sate Bandeng

Oleh2 Khas Banten
Makanan khas provinsi Banten 


Nah oleh2 satu ini merupakan makanan khas kota Serang, yang terbuat dari bahan pokok ikan Bandeng, ya memang pada umumnya sate menggunakan daging ayam,kambing & sapi. Tapi sate Bandeng ini berbeda pada sate umumnya.

Meskipun menggunakan bahan pokok ikan bandeng, kamu tidak perlu khawatir akan duri dari ikan bandeng, karena sebelum diolah menjadi sate Bandeng duri pada ikan sudah di sisihkan dan yang digunakan hanya daging ikan bandeng saja.

Paling nikmat di santap bersama keluarga di rumah, apalagi ditambah sambal ciri khas wong Serang.


7. Pecak Bandeng

Oleh2 Khas Banten
Pecak Bandeng Makanan khas provinsi Banten 

Pecak Bandeng juga termasuk makanan khas Serang Banten, menjadi salah satu makanan warga kota Serang. 

Pecak Bandeng termasuk makan yang awet dan sangat cocok untuk di jadikan Oleh2 Khas Banten, rasanya yang begitu nikmat dan cocok bagi semua kalangan umur. Paling nikmat ditemani dengan sayur asem, perpaduan rasa pedas manis ditambah dengan rasa dari sayur asem membuat anda dan keluarga ketagihan.

Pecak Bandeng sangat mudah ditemui di kota kota besar, terutama kota Serang dan Cilegon. Jika kamu berlibur ke Banten jangan lupa untuk mencicipi makan satu ini yaa...

8. Batik Suku Baduy

Oleh2 Khas Banten
Batik Suku Baduy 

Mungkin jarang banyak orang tau jika suku asli Banten adalah Baduy. Baduy adalah suku asli dari Banten yang sampai saat ini masih ada.

Suku Baduy mempunyai ciri khas tersendiri dalam hal segi penampilan, selalu menggunakan baju yang bercorak batik berwarna biru.

Nah mungkin jika kamu salah satu penyuka fashion, maka tidak salahnya kamu membawa pulang batik Suku Baduy untuk dijadikan oleh2 khas Banten.

9. Tas Khas Suku Baduy

Oleh2 Khas Banten
Tas suku asli Baduy 

Tas Khas Suku Baduy ini merupakan tas yang terbuat dari bahan hutan alami, tanpa ada campur tangan modern. Dibuat dengan cara manual yang membutuhkan keterampilan tangan. Ya jika kamu sedang berlibur di Banten jangan lupa untuk membeli Tas Khas Banten ini untuk dijadikan oleh2 buah tangan khas Banten.


Nah berikut diatas adalah beberapa oleh2 khas Banten yang wajib kamu bawa pulang sehabis berlibur dari tempat wisa yang ada di Banten.

Tidak afdol jika berlibur ke suatu tempat tanpa membawa oleh oleh, mungkin dengan artikel i i bisa membantu kamu untuk menentukan oleh oleh yang akan kamu bawa pulang.

Oleh2 Khas Banten bisa kamu jumpai di berbagai kota yang ada di provinsi Banten dengan sangat mudah, atau kamu juga bisa membelinya di toko toko online yang menjual makanan khas provinsi Banten.

Posting Komentar untuk "Oleh2 Khas Banten Yang Wajib di Beli "