Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Vihara Avalokitesvara Banten

Sejarah Singkat Vihara Avalokitesvara Banten
gambar Vihara Avalokitesvara


Vihara Avalokitesvara Banten - Vihara Avalokitesvara merupakan salah satu bangunan bersejarah di Indonesia, yang berlokasi di Jalan Tubagus Raya Banten, Kp. Pamarican, Desa Banten, Kec. Kasemen, Kota serang, Banten.

Sejarah Singkat Vihara Avalokitesvara Banten, Fungsi dan Kegunaannya


Banyak hal menarik mengenai Vihara Banten ini, terutama karena ini merupakan Vihara tertua di Banten. Selain itu, bangunan bersejarah ini juga menjadi bukti sikap toleransi antara umat beragama di masa lalu.

Baca JugaSejarah Singkat Benteng speelwijk

Adanya Vihara Avalokitesvara ini juga erat kaitannya dengan Sunan Kalijaga. Karena, beliau lah yang menginisiasi pembangunan Vihara ini. Mau tahu lebih lanjut? Berikut kami jelaskan lebih lanjut mengenai Vihara Avalokitesvara.

Kegunaan Vihara Avalokitesvara Banten

Sejarah Singkat Vihara Avalokitesvara Banten
gambar Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara merupakan tempat ibadah yang unik karena melayani 3 kepercayaan sekaligus, yaitu Kong Hu Cu, Taoisme, dan Buddha. Karena alasan itu juga lah Vihara ini dikenal sebagai Klenteng Tri Dharma. Konsep Tri Dharma tersebut juga bisa dilihat dari pernak-pernik di dalam Vihara yang mencerminkan ketiga kepercayaan yang saya sebutkan di atas.

Namun, Vihara tersebut juga sempat digunakan sebagai tempat perlindungan para warga saat terjadi bencana alam di masa lalu. Selain itu, sekarang Vihara ini telah menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang harus coba kamu kunjungi.

 
1. Pembangunan Vihara

Sejarah Singkat Vihara Avalokitesvara Banten
bangunan Vihara Avalokitesvara

Tahun berdiri Vihara ini adalah sekitar abad ke 16. Pada saat itu, Banten merupakan wilayah pelabuhan yang ramai pedagang. Banyak pedagang dari berbagai tempat singgah di Banten untuk melakukan transit sebelum berlayar ke wilayah lain di Nusantara.

Salah satu rombongan pedagang yang berlabuh adalah para pedagang dari China. Rombongan ini dipimpin oleh Putri Ong Tien yang merupakan keturunan dari Kaisar Tiongkok dan saat itu hendak ke Surabaya. Namun, melihat Banten sangat ramai akan aktivitas Perdagangan, mereka memutuskan untuk singgah lebih lama.

Setelah tinggal lama di Banten, Sang Putri pun Akhirnya berkenalan dengan Sunan Kalijaga, dan lambat laun akhirnya hubungan mereka semakin dekat. Sampai pada akhirnya Putri Ong Tien bersedia masuk Islam dan akhirnya menikah dengan Sunan Kalijaga.


Setelah itu, banyak pengikut Putri yang memutuskan untuk memeluk agama Islam juga, meskipun tidak sedikit yang masih memegang kepercayaan lamanya. Akhirnya, Sunan Kalijaga pun membangun Vihara di dekat masjid Agung, meskipun pada akhirnya di pindahkan ke kawasan Pamarican pada tahun 1774.


2. Sumur Cing Sen

Sejarah Singkat Vihara Avalokitesvara Banten
gambar sumur Cing Sen

Salah satu hal yang menarik adalah adanya sumur di Vihara Banten, yang usianya sama dengan Vihara tersebut atau bisa jadi lebih tua. Sumur tersebut terletak di sebelah barat, dan kedalamannya mencapai 5 meter. Hal yang menarik dari sumur tersebut adalah airnya yang belum pernah kering sampai sekarang.


Air dari sumur ini konon memiliki berbagai khasiat, seperti menyembuhkan penyakit, membuat awet muda, dan yang lainnya. Karena itulah, tidak sedikit orang yang mengunjungi sumur ini, baik untuk meminum airnya, membawa pulang airnya, dan yang lainnya.
 
3. Tempat berlindung dari bencana alam

Sejarah Singkat Vihara Avalokitesvara Banten
Vihara Avalokitesvara

Selain digunakan sebagai tempat ibadah bagi 3 kepercayaan berbeda, Vihara Avalokitesvara juga pernah digunakan sebagai tempat berlindung dari bencana alam di masa lalu. Bencana alam tersebut merupakan meletusnya gunung Krakatau pada tahun 1883, yang juga mengakibatkan munculnya gelombang tsunami.

Pada saat itu, banyak warga yang menggunakan Vihara tersebut sebagai tempat berlindung, dan akhirnya nyawa mereka terselamatkan. Bangunan yang megah, kokoh, serta luas tersebut merupakan tempat berlindung yang sempurna dari deburan awan panas pasca meletusnya gunung Krakatau.


Demikianlah artikel Sejarah Singkat Vihara Avalokitesvara Banten yang bisa saya bagikan kepada kalian, semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian.

Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Vihara Avalokitesvara Banten "