Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silsilah Kesultanan Banten Lengkap

Silsilah Kesultanan Banten
Silsilah Kesultanan Banten 

Silsilah Kesultanan Banten - Sultan Banten merupakan penguasa kesultanan di Provinsi Banten yang menjadi Raja.

Pendiri Kerajaan Banten Pertama adalah Syarif Hidayatullah yang dikenal sebagai Sunan Gunung Jati. Tetapi Sunan Gunung Jati tidak menasbihkan sebagai Raja pada kala itu. Ia menunjuk anaknya sebagai Raja yaitu Maulana Hasanuddin, yang kemudian di teruskan oleh keturunannya.

Sultan Maulana Hasanuddin merupakan Raja pertama yang memimpin kesultanan Banten pada kala itu, yang kemudian di teruskan oleh keturunannya sampai saat ini.


Berikut adalah Silsilah Kesultanan Banten 

Silsilah Kesultanan Banten Lengkap Dengan Masa Kepemimpinan 


1. Syarif Hidayatullah

Syarif Hidayatullah ialah Sunan Gunung Jati, yang menyebarkan Islam pertama di Banten pada masa itu. Yang kemudian mempunyai anak yang bernama Maulana Hasanuddin, yang kemudian di tujuk sebagai Raja untuk memimpin Kesultanan Banten.

2. Maulana Hasanuddin

Maulana Hasanuddin adalah anak dari Sunan Gunung Jati yang merupakan pendiri pertama kerajaan Banten ,di juluki sebagai Pangeran Sabakinking.

Masa kepemimpinan Maulana Hasanuddin 1552 sampai 1570, dan wafat pada tahun 1570 dan dimakamkan di Masjid Agung Banten.

3. Maulana Yusuf

Maulana Yusuf dijuluki sebagai Pangeran Pasareyan, Nama Maulana Yusuf digunakan sebagai nama Stadion Sepak Bola yang ada di kota Serang, provinsi Banten.

Baca jugaOleh2 Khas Banten

Masa kepemimpinan Maulana Yusuf 1570 sampai 1585. Maulana Yusuf kemudian meninggal pada tahun 1580 karena jatuh sakit, dan dimakamkan di Pekalangan Gede dekat kampung Kasunyatan.

4. Maulana Muhammad

Maulana Muhammad ialah sultan ke 3 yang menjabat menjadi Raja pada kesultanan Banten, yang mempunyai dua julukan nama, Pangeran Sedangrana dan Prabu Sedaing Palembang. 

Ia merupakan raja muda pertama yang berhasil memimpin kesultanan Banten, pada saat umur 9 tahu.

Masa kepemimpinan Maulana Muhammad 1585 sampai 1596. Wafat pada tahun 1596 karena pengepungan Palembang.

5. Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdulqadir

Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdulqadir atau yang dikenal Pangeran Ratu dan Sultan Agung yang merupakan raja ke empat dari kesultanan Banten.

Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdulqadir merupakan raja pertama yang menggunakan gelar "Sultan".

Masa Kepemimpinan Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdulqadir 1596 sampai 1647. Dan wafat pada tanggal 10 Maret 1650 dimakamkan di Pemakaman Kenari Banten.

6. Sultan Abu al-Ma'ali Ahmad

Sultan Abu al-Ma'ali Ahmad adalah salah satu Sultan yang berjasa bagi kehidupan masyarakat Banten pada saat itu, karena ia yang mengedarkan uang Banten yang terbuat dari besi dan timah.


Mempunyai nama julukan Pangeran Anom dan Sultan Kilen.

Masa kepemimpinan Sultan Abu al-Ma'ali Ahmad 1647 sampai 1651, wafat pada tahun 1651.

7. Sultan Ageng Tirtayasa

Sultan Ageng Tirtayasa yang memiliki nama julukan Abu al-Fath Abdulfattah, Pangeran Dipati dan Pangeran Surya merupakan Sultan Banten ke enam yang naik tahta pada umur 20 tahun. 

Masa kepemimpinan Sultan Ageng Tirtayasa 1651 sampai 1683. Meninggal pada tahun 1683 karena ditangkap dan dipenjara di Batavia, meninggal dunia didalam penjara, dimakamkan di komplek pemakaman raja-raja Banten.

Pada masa inilah awal kerajaan Banten runtuh, karena mulainya kekuasaan VOC.

8. Sultan Abu Nashar Abdulqahar

Sultan Abu Nashar Abdulqahar atau yang biasa di kenal sebagai Sultan Haji dan Pangeran Dakar, merupakan anak dari Sultan Ageng Tirtayasa. Sultan Abu Nashar Abdulqahar naik tahta menggantikan ayahnya setelah terjadi pertikaian antara mereka berdua, yang mengakibatkan perang sodara di Banten.

Masa kepemimpinan Sultan Abu Nashar Abdulqahar 1683 sampai 1687.

9. Sultan Abu al-Fadhl Muhammad Yahya

Sultan Abu al-Fadhl Muhammad Yahya mempunyai julukan Pangeran Ratu, ia melanjutkan pemerintahan Kesultanan Banten sepeninggal ayahnya Sultan Abu Nashar Abdulqahar.

Masa kepemimpinan Sultan Abu al-Fadhl Muhammad Yahya 1687 sampai 1690, wafat pada tahun 1690 karena jatuh sakit , Jenazahnya dimakamkan tepat di samping kanan makan Sultan Hasanuddin.

10. Sultan Abu al-Mahasin Muhammad Zainul Abidin

Karena Sultan Abu al-Fadhl Muhammad Yahya meninggal pada saat belum mempunyai keturunan, maka tahta kesultanan Banten di turunkan kepada adiknya yang bernama Sultan Abu al-Mahasin Muhammad Zainul Abidin yang memiliki nama lain Pangeran Adipadi dan Kang Sinihun ing Nagari Banten.

Masa kepemimpinan Sultan Abu al-Mahasin Muhammad Zainul Abidin 1690 sampai 1733.

11. Sultan Muhammad Syifa Zainul Arifin

Pada masa kepemimpinan Sultan Muhammad Syifa Zainul Arifin sering terjadi pemberontakan rakyat karena tidak senang perlakuan VOC  yang sudah diluar batas.

Masa kepemimpinan Sultan Muhammad Syifa Zainul Arifin 1733 sampai 1750. Yang kemudian kesultanan Banten di pegang oleh Sultan Syarifuddin (bisa dibilang Sultan ke 11, akan tetapi Sultan sepenuhnya dipegang oleh Sultan Muhammad Wasi Zainulalimin)

Sultan Syarifuddin (Ratu Wakil)

Sultan Syarifuddin mempunyai nama lain sebagai Pangeran Syarifuddin, masa kepemimpinan Sultan Syarifuddin 1750 sampai 1752.

Sumber dari Wikipedia Sultan Syarifuddin (ratu wakil) tidak termasuk dalam kepemimpinan kesultanan Banten.

12. Sultan Muhammad Wasi Zainulalimin

Sultan Muhammad Wasi Zainulalimin merupakan Sultan ke-11 dari kesultanan Banten yang mempunyai nama lain Pangeran Arya Adisantika, yang merupakan adik dari Sultan Muhammad Syifa Zainul Arifin.

Masa Kepemimpinan 1752 sampai 1753.

13. Sultan Muhammad Arif Zainulasyiqin

Sultan Muhammad Arif Zainulasyiqin merupakan seorang ulama sufi tarekat, bahkan menjadi Khalifah Tarekat. Mempunyai nama lain Pangeran Gusti.

Baca juga :Peninggalan Kerajaan Banten

Masa kepemimpinan Sultan Muhammad Arif Zainulasyiqin 1753 sampai 1773

14. Sultan Aliyuddin I

Lahir di kota Intan, kesultanan Banten, 2 Juli 1752 meninggal di Kesultanan Banten pada tahun 1799, saat umur 46-47. Mempunyai nama lain Abu al-Mafakhir Muhammad Aliyuddin.

15. Sultan Muhammad Muhyiddin Zainussalihin

Pada masa kepemimpinan Sultan Muhammad Muhyiddin Zainussalihin saat itu, kesultanan Banten mengalami kelemahan, akibat tekanan dari global.

16. Sultan Muhammad Ishaq Zainulmuttaqin

Sultan Muhammad Ishaq Zainulmuttaqin ialah anak dari Sultan Aliyuddin I. Beliau hanya bertahta selam 1 tahun, 1801 sampai 1802. Kemudian pada tahun 1802 kesultanan Banten dipegang oleh care taker Sultan Wakil Pangeran Natawijaya.

17. Sultan Aliyuddin II

Sultan Aliyuddin II yang bernama asli Abu al-Mafakhir Muhammad Aqiluddin, yang merupakan seorang Sultan pada kesultanan Banten dalam rentang waktu 1803 sampai 1808.

Yang kemudian dipegang kembali oleh Sultan Wakil Pangeran Suramenggala pada tahun 1808 sampai 1809.

18. Sultan Maulana Muhammad Shafiuddin

Sultan Maulana Muhammad Shafiuddin merupakan Sultan pengganti dari Sultan Aliyuddin II, yang sebelumnya diwakili oleh Sultan Wakil, karena Sultan Maulana Muhammad Shafiuddin belum cukup dewasa

Penjelasan Singkat


Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) merupakan pendiri pertama kerajaan Banten, akan tetapi ia tidak menobatkan dirinya sebagai raja melainkan anaknya yaitu Maulana Hasanuddin.

Jika kamu bertanya siapa Pendiri Kerajaan Banten ?  Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) ialah pendiri pertama kerajaan Banten,dan jika kamu bertanya Siapa raja pertama kerajaan Banten? Maulana Hasanuddin ialah raja pertama yang memimpin kerajaan Banten.

Baca jugaTarian Khas Banten

Dan jika kamu bertanya siapa Sultan pertama di kerajaan Banten? Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdulqadir, karena beliaulah yang pertama menggunakan gelar "SULTAN" nah dari sinilah awal mulanya kesultanan Banten dimulai.

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_Sultan_Banten

Pada masa kesultanan inilah yang sangat sulit untuk dijelaskan, karena pada masa itu sangat Sering Sultan di gantikan oleh Wakil Pangeran & Wakil Ratu. Akan tetapi saya sudah mencoba merangkum dengan mudah untuk dipahami.

Jika ada salah tulis mohon untuk tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Silsilah Kesultanan Banten Lengkap "