10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau - Mengulik Banten
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau

Peninggalan kerajaan Majapahit


10 Peninggalan Kerajaan Majapahit - Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu besar terakhir dalam sejarah Indonesia.

Bukti Peninggalan Kerajaan Majapahit


Kerajaan Majapahit didirikan pada tahun 1293 oleh Raden Wijaya, yang telah memberontak melawan raja Kediri. Itu tumbuh menjadi salah satu kerajaan paling kuat di Asia Tenggara dan dianggap sebagai salah satu peradaban paling canggih dalam sejarah Indonesia. Pengaruh kekaisaran mencapai Malaysia dan Singapura saat ini, dengan ibukotanya terletak di Jawa.


Adapun prasasti peninggalan kerajaan Majapahit sebagai berikut

Peninggalan Kerajaan Majapahit Beserta Gambarnya


  • Candi Sukuh
10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau
Candi Sukuh

Candi ini populer sebagai salah satu candi Hindu yang paling terawat baik di Jawa, Indonesia. Bangunan candi utama memiliki dasar persegi dan memiliki beberapa tingkat dengan tiga pintu masuk di setiap sisinya. Tingkat atas berisi tempat pemujaan yang didedikasikan untuk Siwa, sedangkan tingkat yang lebih rendah memiliki tempat pemujaan yang didedikasikan untuk Wisnu dan Brahma.

Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Hayam Wuruk dan digunakan sebagai situs penting untuk ritual Hindu sampai rusak. Pemerintah Hindia Belanda memugarnya pada tahun 1814 dan menjadi objek wisata pada tahun 1935 setelah dinyatakan sebagai Monumen Nasional oleh Presiden Soekarno.

  • Candi Brahu
10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau
Candi Brahu

Candi Brahu adalah candi Hindu di Kerajaan Majapahit. Dibangun oleh seorang pedagang India pada abad ke-16 yang konon merupakan pengikut Siwa.

Candi Brahu terletak di Jawa Timur, Indonesia dan merupakan salah satu candi terpenting yang dibangun oleh Kerajaan Majapahit. Candi ini dibangun oleh seorang pedagang India yang konon merupakan pengikut Siwa.

Candi ini merupakan candi khusus untuk pembakaran jenazah dari raja raja Majapahit pada kala itu.

Candi Brahu merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit yang masih ada sampai saat ini.

  • Candi Surawana

10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau
Candi Surawana

candi surawana adalah salah satu candi terpenting di kerajaan majapahit. dibangun pada tahun 1357 dan terletak di pantai timur laut jawa, tidak terlalu jauh dari trowulan. candi ini dibangun untuk menghormati raja majapahit, hayam wuruk.

desain candi cukup unik karena memiliki bentuk segi delapan dengan atap piramidal dan menara pusat yang tingginya mencapai 60 meter. pondasi candi terbuat dari batu setinggi sekitar 3 meter, yang menjadikannya salah satu bangunan tertinggi di asia tenggara.

  • Candi Wringin Branjang

10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau
Candi Wringin Branjang 

Candi Wringin Branjang adalah candi Hindu yang terletak di kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Itu diyakini sebagai sisa-sisa kerajaan Majapahit.

Candi ini merupakan salah satu candi Hindu terpenting dan dibangun pada abad ke-14 oleh Raja Hayam Wuruk. Candi ini telah beberapa kali direnovasi, tetapi masih dianggap sebagai salah satu candi tertua di Indonesia.

Pura ini terletak sekitar 3 km dari kota Jepara dan dapat diakses dengan kendaraan umum atau dengan berjalan kaki selama sekitar 1 jam dari pusat kota.

  • Candi Tikus
10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau
Candi Tikus

Candi Tikus adalah candi Hindu di Jawa Timur, Indonesia. Letaknya di Desa Sewu yang tidak jauh dari Kota Malang. Dibangun oleh kerajaan Majapahit pada masa kejayaannya pada abad ke-14.


Candi ini dibangun di atas bukit dengan titik tinggi yang menghadap ke dua sungai, Bengawan Solo dan Bengawan Kali Mas. Situs ini juga dikenal sebagai "Teras Gede Pangrango" atau "Gedeh Pangerango". Kuil Tikus sendiri telah digambarkan sebagai keajaiban arsitektur karena memiliki tiga lantai dan sembilan halaman dengan lebih dari 250 kuil yang didedikasikan untuk dewa-dewa dari mitologi Hindu.

  • Candi Cetho
10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau
Candi Cetho

Candi Cetho adalah sebuah candi Hindu di Jawa Timur, Indonesia. Awalnya dibangun pada abad ke-14 oleh Kerajaan Majapahit, tetapi ditinggalkan dan kemudian ditemukan kembali oleh penduduk setempat pada akhir abad ke-20.

Pura ini terletak di Gunung Penanggungan, dekat kota Dukuhseti. Nama "Cetho" berasal dari kata Jawa kuno untuk "candi" dan "suci". Candi ini terbuat dari batu dan bata dan memiliki tiga struktur utama, dengan satu bangunan utama berisi patung Siwa besar

  • Candi Pari
10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau
Candi Pari

Di jantung Indonesia, ada sebuah pulau kecil bernama Jawa. Jawa pernah menjadi pusat kerajaan kuat yang membentang di Asia Tenggara. Kerajaan itu sekarang sudah tidak ada, tetapi sisa-sisanya masih bisa dilihat sampai sekarang.


Bangunan yang paling menonjol di kawasan ini adalah Candi Pari. Candi ini dibangun untuk menghormati raja pertama Majapahit, dan merupakan salah satu situs arkeologi terpenting di Indonesia.

  • Candi Jabung
10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau
Candi Jabung

Candi Jabung terletak di situs arkeologi Trowulan yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Ini adalah candi Hindu terbesar di Jawa Timur dan salah satu situs bersejarah terpenting di Indonesia. Candi ini dibangun oleh Raja Brawijaya, yang merupakan raja terakhir Majapahit sebelum jatuh ke Islam.

Candi Jabung awalnya dibangun sebagai candi Hindu yang didedikasikan untuk Dewa Siwa, tetapi kemudian diubah menjadi masjid oleh penjajah Muslim. Masjid tersebut kini telah ditinggalkan selama berabad-abad dan hanya reruntuhannya yang tersisa hingga saat ini.

  • Gerbang Bajang Ratu
10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau
Gerbang Bajang Ratu 

Gerbang Bajang Ratu juga merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang patut untuk dikunjungi. Gapura ini terletak di desa Temon Trowulan di kabupaten Mojokerto di Jawa Timur. Bukti Peninggalan Kerajaan Majapahit satu ini diperkirakan dibangun pada abad ke-14.

Menurut masyarakat ditempat mengklaim bahwa gerbang Bajang Ratu adalah gerbang terbesar yang dibangun oleh Majapahit pada masa kejayaannya. Menurut catatan sejarah gapura ini digunakan sebagai pintu masuk untuk memperingati wafatnya Raja Jayanegara.

  • Gerbang Wringin Lawang
10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau
Gerbang Wringin Lawang 

Gerbang Wringin Lawang merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit. Terletak di Trowulan, sebuah desa di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Gerbang ini dibangun oleh Raja Hayam Wuruk, yang memerintah dari tahun 1357 hingga 1389. Kerajaan Majapahit didirikan pada tahun 1293 dan mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.


Gerbang Wringin Lawang dibangun di atas bukit alami dan memiliki tiga pintu masuk untuk masuk ke kompleks keraton. Gerbang juga memiliki sejumlah bangunan lain di dalam dindingnya seperti masjid dan aula penonton.

Demikianlah artikel Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Masih Ada Sampai Saat Ini yang bisa saya sampaikan sedemikan rupa, jika ada kata atau salah dalam penyampaian silahkan komentar dibawah, agar saya bisa memperbaiki.

Posting Komentar untuk "10 Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Kalian Tau"