Bukti Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya - Mengulik Banten
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya

Bukti Peninggalan Kerajaan Mataram Islam - Kerajaan Mataram Islam adalah sebuah kerajaan Islam di Indonesia yang berdiri pada abad ke-16. Hal ini dianggap sebagai salah satu kerajaan Muslim tertua di Asia Tenggara. Baca disini untuk melihat Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan ini didirikan oleh seorang bangsawan, Raden Mas Said atau dikenal sebagai Sultan Agung Hanyakrakusuma, yang membantu menyatukan Jawa dan Bali di bawah satu pemerintahan dan memperkenalkan Islam ke wilayah tersebut.

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya 

Kerajaan Mataram Islam memiliki sejarah kesuksesan yang panjang. Ini mengalami puncaknya pada masa pemerintahan Sultan Agung 1613-1645 ketika menjadi salah satu kerajaan yang paling kuat di Indonesia dengan kontrol atas sebagian besar Jawa, Bali, Lombok dan Sumatera.

Baca jugaPeninggalan Kerajaan Cirebon

Namun, akhirnya menurun setelah kematiannya karena kepemimpinan yang lemah setelah kematiannya dan invasi Belanda yang menyebabkan kejatuhannya pada tahun 1755.

7 Bukti Peninggalan Kesultanan Mataram Islam

Berikut adalah peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang menjadi bukti adanya Kerajaan Mataram Islam pada kala itu.


  • Masjid Kotagede

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya

Masjid Kotagede adalah sebuah masjid yang terletak di kota Kotagede. Awalnya dibangun oleh Kerajaan Mataram untuk memperingati kemenangan melawan Kerajaan Demak.

Masjid Kotagede merupakan salah satu masjid yang paling terkenal di Indonesia, dan sudah ada sejak tahun 1478 Masehi. Masjid ini dibangun untuk memperingati kemenangan melawan Kerajaan Demak, dan selesai dibangun pada tahun 1479 M pada masa pemerintahan Sultan Trenggana. Nama Kotagede berasal dari kata yang berarti "kemenangan" atau "menang".

Masjid telah dibangun kembali berkali-kali karena bencana alam dan kebakaran, dengan rekonstruksi terakhir terjadi pada tahun 2006.

Dan masjid ini juga merupakan bukti peninggalan kerajaan Islam di Indonesia yang masih ada sampai saat ini.


  • Segara Wana dan Syuh Brata
Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya

Segara Wana dan Syuh Brata adalah dua senjata hebat. Band ini merupakan hadiah dari JP Coen. Panglima Belanda memberikannya kepada Sultan Agung.


Kedua senjata meriam tersebut disumbangkan ke Negara Islam Mataram. Karena Sultan Agung sudah berjanji tidak akan menyerang Batavia. Peninggalan meriam Kerajaan Mataram Islam masih digunakan sampai sekarang sebagai hiasan depan Keraton Surakarta.

  • Pertapaan Kembang Lampir
Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya

Kembang Lampir adalah lokasi yang digunakan oleh Ki Ageng Panahan untuk mencerminkan kemajuan di Keraton Mataram.

Pertapaan Kembang Lampir ini berbeda di Desa Giri Sekar, Kabupaten Panggang, Gunung Kidul.  Tidak jauh dari Jalan Raya Panggang-Baron. Di tempat ini terdapat patung-patung pendiri Kesultanan Mataram Islam, yaitu Panembahan Senapati, Ageng Panahan dan Ki Jert Mertani.

  • Kitab Sastra Gending
Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya

Kerajaan Islam Mataram memiliki warisan berupa karya sastra yang dikenal dengan warisan sastranya. Buku ini ditulis oleh Sultan Agung dan berisi ajaran filosofis tentang moralitas. Setelah menceritakan beberapa cerita ,buku Gending Sastra Sultan Agung ditulis setelah penyerangan ke Batavia.

  • Masjid Agung Kauman

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya

Masjid Agung Kauman adalah sebuah masjid yang terletak di kota Kauman, beberapa kilometer sebelah timur Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Agung (1613-1645) sebagai masjid kerajaannya sendiri.

Baca JugaKerajaan Islam di indonesia

Masjid ini merupakan bukti peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang masih ada sampai saat ini. 

  • Pasar Legi

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya

Pasar Legi merupakan salah satu pasar terbesar di Kotagede, Yogyakarta. Letaknya di sisi barat Keraton Yogyakarta. Pasar memiliki berbagai macam barang untuk dijual. Ini juga merupakan tempat yang baik untuk menemukan suvenir, pakaian tradisional, dan makanan dari seluruh Indonesia.

Pasar Legi buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

Pasar Legi juga merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang masih ada sampai saat ini. 

  • Masjid Agung Surakarta

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya

Masjid Agung Surakarta adalah sebuah masjid di kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Terletak di pusat kota, di Jalan Malioboro.

Masjid ini dibangun oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo pada tahun 1757 sebagai bagian dari upayanya menyebarkan agama Islam ke wilayah tersebut. Bangunan ini dibangun dari bata merah dan batu pasir putih, dengan luas permukaan sekitar 3 hektar (1,2 hektar). Memiliki gaya arsitektur khas Islam dengan dua kubah besar dan empat menara.

Baca jugaPeninggalan Kerajaan Majapahit

Masjid ini dikelilingi tembok setinggi 2 meter dan lebar 1 meter. Masjid ini dapat menampung hingga 10.000 jamaah sekaligus. Ada juga dua gerbang menuju kompleks; satu untuk pria dan satu untuk wanita

Nah di atas adalah beberapa Peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang masih ada sampai saat ini, dan masih bisa kita temui jika kita berkunjung.


Posting Komentar untuk "Bukti Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Beserta Gambarnya"