11 Makanan Orang Betawi Yang Memanjakan Lidah

Makanan orang Betawi – Suku Betawi adalah suku yang mendiami wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Asal nama suku ini bermula dari istilah “Batavia” di zaman Belanda. Dibanding suku lainnya di Indonesia, suku ini tergolong masih muda.

Sebelum bangsa Eropa datang ke nusantara, Jakarta ditinggali oleh orang-orang Sunda. Namun seiring berjalannya waktu, kota ini berevolusi menjadi kota pelabuhan yang sangat ramai. Di bawah kekuasaan VOC, Jakarta ditetapkan sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat perdagangan.

Baca JugaMakanan Khas Lebak Untuk Oleh-oleh Hingga Wisata Kuliner

Alhasil, orang-orang melayu, minang, jawa, tionghoa, dan lainnya datang berduyun-duyun ke Jakarta. Para pendatang ini kemudian bercampur satu sama lain menghasilkan sebuah kelompok baru dengan kebudayaan khas bernama suku Betawi.

 

Makanan Orang Betawi Hasil Akulturasi Beragam Bangsa

 

Berasal dari latar yang berbeda-beda membuat suku Betawi memiliki budaya yang sangat unik. Dari segi bahasa misalnya, suku ini menggunakan bahasa melayu pasar.

Namun terlihat jelas ada pengaruh dari kelompok lain seperti Tionghoa, Sunda, dan Jawa.

Istilah gua, cepek, dan engkong merupakan istilah yang berasal dari suku Tionghoa. Sementara pengaruh bahasa Sunda dan Jawa bisa dilihat pada istilah-istilah seperti wayah, ngejogrok, dan pemali.

Selain dari segi bahasa, keunikan budaya Betawi juga bisa dilihat dari ragam makanannya. Terlihat dengan jelas bagaimana jagad kuliner masyarakat Betawi sangat kaya karena dipengaruhi suku bangsa yang berbeda-beda.

Baca Juga  10 Makanan Khas Kota Cirebon yang Tak Ada di Tempat lain

 

11 Makanan Orang Betawi yang Memanjakan Lidah

Cita rasa gurih yang enak menjadi ciri khas masakan suku asli Jakarta ini. Cita rasa tersebut bisa kita nikmati pada berbagai kuliner lezat sebagai berikut.

 

1. Semur Jengkol

Semur Jengkol

 

Jengkol adalah bahan makanan yang hanya bisa ditemukan di asia tenggara. Di Indonesia, jengkol paling banyak diolah oleh suku Betawi. Jengkol bisa dimasak menjadi berbagai jenis makanan termasuk semur. Tak ada salahnya lho mencicipi semur jengkol saat berwisata ke ibukota.

2. Asinan Betawi

Makanan orang betawi asinan

 

Asinan Betawi terbuat dari berbagai jenis sayuran yang kemudian diasinkan sekaligus diawetkan. Sawi, kubis, dan tauge adalah 3 jenis sayuran yang paling banyak dipakai dalam olahan makanan ini. Untuk penyajiannya, sayuran yang telah diawetkan tersebut kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang, cuka, dan cabai.

 

3. Soto Betawi

Soto Betawi

 

Makanan orang Betawi berikutnya adalah soto Betawi. Berbeda dengan soto Malang yang berkuah bening, soto Betawi menggunakan kuah santan. Daging yang digunakan juga merupakan daging sapi sehingga rasa masakan ini terasa amat gurih dan kaya.

 

4. Kue Pancong

makanan orang betawi Kue Pancong

 

Bosan dengan rasa kue yang terlalu manis? Bila iya, kue pancong bisa jadi solusinya. Kue ini memiliki rasa gurih dan agak asin. Bahan pembuatannya sendiri terdiri atas tepung beras, parutan kelapa, garam, santan, hingga gula.

 

5. Gabus Pucung

gabus pucung

 

Ikan gabus adalah ikan yang terkenal dengan kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Di Jakarta, masyarakat setempat mengolah ikan gabus atau kutuk menjadi olahan yang sangat lezat bernama Gabus Pucung. Kuah bumbu Gabus Pucung berwarna hitam karena penggunaan kluwek dan rempah yang melimpah.

 

Baca Juga  7 Makanan Khas Baduy yang Tak Cuma Enak tapi Juga Sehat dan Alami

6. Kerak Telor

makanan orang betawi Kerak Telor

 

Salah satu makanan orang Betawi yang paling unik adalah Kerak Telor. Makanan ini terbuat dari beras ketan, telur bebek, ebi, dan bawang goreng. Cara pembuatan kerak telor sangat unik sebab wajan yang dipakai dihadapkan pada nyala api hingga makanan matang.

 

7. Putu Mayang

Putu Mayang

 

Bukan hanya terlihat cantik, putu mayang juga merupakan dessert yang sangat enak. Kue warna-warni ini terbuat dari tepung kanji atau beras yang teksturnya kenyal. Berikutnya, kue disajikan bersama dengan cairan gula kinca atau jawa yang manis.

 

8. Bubur Ase

makanan orang betawi Bubur Ase

 

Penikmat bubur nusantara wajib coba bubur ase. Bubur yang sudah mulai langka ini mengkombinasikan lauk yang tak biasa. Lauk yang digunakan adalah semur dengan isian sayuran berupa kentang, kecambah, dan sawi asin.

 

9. Nasi Ulam

Nasi Ulam

 

Nasi ulam dengan rasanya yang sangat enak juga sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta. Makanan orang Betawi ini terdiri dari nasi yang dicampuri dengan rempah dan bumbu lainnya termasuk daun pegangan atau Centella asiatica.

 

10. Roti Buaya

makanan orang betawi Roti Buaya

 

Roti buaya adalah salah satu jenis roti yang amat lekat dengan tradisi budaya Betawi. Roti ini memiliki rasa manis yang sangat legit. Dalam setiap upacara pernikahan adat Betawi, roti buaya selalu hadir sebagai perlambang kesetiaan.

 

11. Gado-gado

gado-gado

 

Siapa tak kenal dengan gado-gado? Saat ini, gado-gado sudah sangat populer hampir di seluruh wilayah Indonesia. Komunitas vegetarian dan vegan di luar negeri pun mulai kepincut dengan lezatnya gado-gado, lho. Makanan ini juga bukan hanya dianggap enak, namun juga memiliki kandungan gizi super lengkap.

Baca Juga12 Makanan Tradisional Khas Aceh Paling Enak 100% Harus Coba

Baca Juga  7 Minuman Khas Banten yang Enak, Segar, dan Menyehatkan

Pada akhirnya, Makanan Orang Betawi memang memiliki cita rasa enak yang tiada duanya. Maka itulah, sekira suatu saat melancong ke Jakarta, jangan lupa untuk hunting dan mukbang semur jengkol, bubur ase, sampai kerak telor!

Leave a Comment