10 Makanan Khas Kota Cirebon yang Tak Ada di Tempat lain - Mengulik Banten
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Makanan Khas Kota Cirebon yang Tak Ada di Tempat lain


10 Makanan khas kota Cirebon – Berpenduduk lebih dari 300 ribu jiwa, Cirebon adalah sebuah kota yang terletak di jalur pantai utara jawa, provinsi Jawa Barat. Kota ini memiliki sejarah yang cukup panjang sejak abad ke-15 Masehi. 

Kala itu, di wilayah ini, terdapat sebuah kerajaan Islam bernama kerajaan Cirebon. Rakyatnya terdiri dari 3 golongan, yaitu Jawa, Sunda, dan Tionghoa. Dari ketiga kelompok inilah kemudian nama Cirebon dicetuskan.

Cirebon berasal dari kata Caruban (Bahasa Jawa) yang berarti bersatu. Nama Caruban pada perkembangannya berevolusi menjadi Carbon, Cirebon, dan Cirebon sebagaimana yang dikenal saat ini.

Baca JugaOleh2 Khas Khas Banten Yang Wajib di Beli

Makanan Khas Kota Cirebon

Dengan masyarakat yang multietnis, tak mengherankan kota ini memiliki kuliner yang unik dan menarik. Beberapa ahli antropologi bahkan menyebut Cirebon sebagai titik tengah antara budaya jawa di bagian timur dan sunda di bagian barat. 

Orang-orang Cirebon sendiri ada yang mengaku sebagai suku jawa, sunda, dan perpaduan keduanya. Namun banyak juga yang memilih menyebut dirinya sebagai “suku Cirebon” saja. Pada sensus penduduk tahun 2010, pemerintah Indonesia menyediakan opsi suku Cirebon untuk mewadahi aspirasi masyarakat di wilayah ini. 

10 Makanan Khas Kota Cirebon

Meski tidak sepopuler Bandung atau Jogja, kota Cirebon memiliki daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata. Tak ada salahnya sesekali mampir ke kota ini untuk menikmati megahnya Keraton Kasepuhan atau indahnya telaga Niren. Sembari itu, jangan lupa pula untuk menikmati kulinernya yang tak ditemukan di wilayah lain.

1. Nasi Jamblang

Kuliner unik Cirebon yang pertama wajib dicoba adalah nasi Jamblang. Sejarah makanan ini bermula dari dibangunnya Jalan Raya Pos Anyer Panarukan. Kala itu masyarakat sekitar mengirim makanan ke para pekerja dengan menggunakan bungkus daun jati. Kini kebiasaan tersebut masih diteruskan namun dengan lauk-pauk yang lebih beragam dan tentunya juga lebih lezat.

nasi jamblang

2. Docang

Salah satu jajanan Cirebon yang tak bisa dilupakan adalah docang. Docang terbuat dari baceman oncom dage serta kacang hijau. 

Baca JugaMakanan Tradisional Khas Aceh

Bahan lain yang digunakan adalah kacang tanah dan parutan kelapa. Docang memiliki rasa gurih yang sangat enak dan cocok dimakan ketika masih panas ketika hujan turun.

Makanan Khas Kota Cirebon

3. Empal Gentong

Makanan khas kota Cirebon selanjutnya adalah empal gentong. Makanan ini terdiri atas babat serta daging sapi yang dimasak secara khusus di dalam gentong yang dipanasi dengan kayu bakar. Empal gentong memiliki cita rasa gurih dan paling cocok dinikmati dengan lontong dan sambal cabai kering yang pedas.

empal cirebon

4. Nasi Lengko

Nasi lengko bukan hanya menu yang mengenyangkan. Sajian ini terdiri atas nasi putih, tauge, tahu, dan mentimun yang kemudian disiram bumbu kacang. Bagi mereka yang vegetarian, nasi lengko wajib dicoba karena kandungan nutrisinya yang lengkap terdiri atas protein, karbohidrat, dan vitamin. 

lengko cirebon

5. Sate Kalong

Terlepas dari namanya yang bermakna sate kelelawar, sate kalong bukanlah termasuk di antara jajanan kuliner ekstrim. Penamaan sate kalong hanya disebabkan kebiasaan penjualnya yang mulai membuka warung setelah Maghrib.

Baca Juga11 Makanan Khas Betawi  

Sate kalong sendiri memiliki cita rasa legit campuran manis dan gurih. Yang unik, sate kalong biasanya dibuat dari daging kerbau, bukan sapi ataupun ayam.

Makanan Khas Kota Cirebon

6. Kue Tapel

Kue tapel adalah salah satu makanan khas kota Cirebon yang wajib dicoba. Bagi pencinta dessert asli Indonesia, kue ini dijamin bisa menggoyang lidah karena cita rasanya yang sangat enak. Pasalnya, kue tapel dibuat dari perpaudan adonan tepung beras dengan parutan kelapa yang gurih.

7. Gado-gado Ayam

Gado-gado adalah makanan khas dari Betawi yang telah menyebar ke berbagai penjuru Indonesia. Di Cirebon, gado-gado mengalami modifikasi unik menjadi gado-gado ayam. Tak begitu sulit menemukan jajanan kuliner yang begitu khas satu ini. Harganya juga cukup murah, yakni Rp. 20.000,- per porsi.

Makanan Khas Kota Cirebon

8. Ciko

Kuliner Jawa Barat sangat terkenal dengan berbagai olahan acinya. Sebagai bagian dari provinsi tersebut pun, Kota Wali ini tak mau kalah. Di sini, kita bisa menikmati hidangan lezat bernama Ciko alias Aci Dikoko. Ciko terbuat dari bahan aci yang disiram dengan kuah oncom atau sambal dage. 

Aci Dikoko

9. Sate Kentang

Di Cirebon ternyata ada sate kentang! Makanan khas kota Cirebon ini terbuat dari bulatan kentang yang direbus terlebih dahulu.

Baca JugaMakanan Khas Provinsi Banten

 Selanjutnya, kentang ditusuk-tusuk seperti sate biasa lalu disiram dengan bumbu khusus yang lezat. 

Makanan Khas Kota Cirebon

10. Terasi Cirebon

Sebagai kota pelabuhan, banyak sekali hasil tangkapan laut dari nelayan lokal. Selain dikonsumsi secara langsung, sebagian hasil tangkapan tersebut diolah lebih lanjut. Salah satu produk akhirnya adalah terasi yang terasa lebih enak karena bahannya lebih segar dan berkualitas.  

Makanan Khas Kota Cirebon

Demikianlah 10 makanan khas Cirebon yang sulit ditemukan di tempat lain. Semuanya jelas enak dan worth it sekali dijadikan alasan wisata kuliner ke kota yang menjembatani budaya Sunda dan Jawa ini.


Posting Komentar untuk "10 Makanan Khas Kota Cirebon yang Tak Ada di Tempat lain"