Senjata Tradisional Dari Jawa Barat - Mengulik Banten
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senjata Tradisional Dari Jawa Barat



Senjata Tradisional Dari Jawa Barat - Jawa Barat merupakan salah satu provinsi Indonesia yang yang paling populer, terutama ibu kotanya yaitu Bandung.

Salah satu yang membuat Jawa Barat populer ialah kebudayaan yang kaya ada pada Jawa Barat, termasuk salah satunya ialah Senjata Tradisional diantaranya sebagai berikut.

Senjata Tradisional Dari Jawa Barat


Senjata Tradisional Dari Jawa Barat merupakan senjata khas dari provinsi Jawa Barat, yang memiliki makna dan arti, kita sebagai bangsa Indonesia terutama orang bandung harus mengenal dan melestarikan nya supaya senjata tradisional ini tidak diakui oleh pihak-pihak lain, terutama bangsa luar.


7 Senjata Tradisional Dari Jawa Barat Yang Paling Populer


  • Kujang
Senjata Tradisional Dari Jawa Barat


Kujang merupakan senjata tradisional khas Bandung yang memiliki ukuran kecil, namun meskipun kecil kujang adalah senjata tradisional yang paling populer.

Kujang dulunya digunakan sebagai alat pertanian, tetapi seiring berjalannya waktu kujang dijadikan sebagai senjata tradisional Jawa Barat. 

Bentuk dan gambar kujang sering digunakan untuk logo kepemerintahan dan organisasi lainnya, maka karena itulah kujang sekarang dijadikan sebagai senjata tradisional Jawa Barat.
  • Bedog
Senjata Tradisional Dari Jawa Barat


Bedog ialah Senjata Tradisional yang memiliki ukuran lebar dan panjang, seperti halnya senjata tradisional Banten, yang memiliki ukuran dan lebar hampir sama.

Senjata bedog Jawa Barat ini terbuat dari logam, akan tetapi tidak jarang pengerajin membuatnya menggunakan bahan pelat mobil bekas.


Nah sedangkan jenis Bedog terbagi menjadi dua jenis, bedog gawe ialah jenis bedog yang digunakan untuk keseharian masyarakat Jawa Barat seperti halnya keperluan pertanian, perkebunan dan peralatan memotong dalam rumah tangga, sedangkan bedog Soren biasa digunakan oleh para ahli senjata, seperti halnya pendekar ataupun Jawara.
  • Patik
Senjata Tradisional Dari Jawa Barat


Patik adalah senjata tradisional dari Jawa Barat yang bisanya dikenal Kampak. Ya sama halnya seperti Kampak pada umumnya, digunakan sebagai memotong berbatang pohon besar dan membelah bagian kayu yang keras.

Pada dasarnya Patik fungsinya sama saja seperti Kampak modern.
  • Congkrang
Senjata Tradisional Dari Jawa Barat


Congkrang adalah senjata tradisional khas Jawa Barat yang memiliki bentuk seperti cangkul, akan tetapi congkrang ini memiliki ukuran lebih kecil bahkan sangat kecil dari cangkul.

Berbeda halnya dengan senjata tradisional Jawa Barat lainnya, congkrang ini tidak digunakan untuk berperang, melainkan digunakan sebagai alat pemotong rumput.

Atau kita juga bisa menggunakan congkrang ini untuk keperluan perkebunan sebagai alat pengeruk untuk menanam bibit-bibit pohon.
  • Ani-ani (Ketam)
Senjata Tradisional Dari Jawa Barat


Ani dikenal sebagai Itam atau Ketam dalam bahasa Sudan. Di Jawa Barat alat tradisional ini digunakan untuk memanen padi. Alat ini memiliki bentuk dan ukuran sangat kecil, karena penggunaan alat ini dengan cara menyelipkan nya di bagian selah selah telapak tangan.


Pemilihan senjata tradisional untuk memanen padi ini bermula dari keyakinan yang berkembang bahwa orang Sunda dan Jawa tidak boleh menggunakan parang atau arit. Dewi Padi dan Nyai Pohachi Sang Hyang Sri dipercaya memiliki sifat tenang dan lemah lembut serta takut pada senjata tajam seperti parang dan arit.

Karena itulah masyarakat Jawa Barat lebih memilih untuk menggunakan Ani Ani sebagai alat pemanen padi.
  • Sulimat
Senjata Tradisional Dari Jawa Barat


Sulimat adalah senjata tradisional dari Jawa Barat yang sering digunakan di daerah pertanian terutama untuk industri kelapa. Senjata ini digunakan untuk mengikis atau mencukur kulit kelapa. Senjata tradisional ini memiliki dua sisi: bidang horizontal dan bidang vertikal.

Bagian horizontal didorong ke bawah untuk bertindak sebagai kaki atau alas dan bagian vertikal bergerak ke kanan ketika bagian ini digunakan untuk memisahkan kelapa dari seratnya. 

Meskipun mengupas kelapa lebih efisien jika menggunakan Sulimat. Bahan yang digunakan untuk membuat Sulimat adalah batang pohon yang tebal kemudian disambung dengan besi untuk membuat kedua sisi senjata, seperti yang telah disebutkan di atas.


Namun seiring berjalannya waktu, senjata ini semakin langka ditemukan dan menjadi salah satu senjata tradisional Sunda yang paling canggih.
  • Bajra dan Gada
Senjata Tradisional Dari Jawa Barat


Bajra dan gada adalah senjata tradisional Jawa Barat yang digunakan untuk melawan penjajah pada masa pra-kemerdekaan. Jenis alat tersebut adalah alat ayun dan alat serang. Alat tradisional Jawa Barat ini sering dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.


Demikian artikel mengenai Senjata Tradisional Dari Jawa Barat , semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kawan sekalian.

Posting Komentar untuk "Senjata Tradisional Dari Jawa Barat "