11 Spot Wisata Alam Serang Terbaik Cocok Buat Healing dan Trekking

Wisata alam Serang – Menjadi pusat provinsi Banten, Serang memiliki riwayat yang cukup panjang. Wilayah ini dulunya merupakan pusat dari Kesultanan Banten yang bercorak Islam. Pendahulunya tiada lain tiada bukan adalah Sunan Gunung Jati.

Di masa kini, Kabupaten dan Kota Serang telah bertransformasi menjadi wilayah yang makin ramai penduduk. Perantau dari berbagai daerah di Indonesia datang ke sini untuk bekerja mencari sesuap nasi.

 

 

Back to Nature Menikmati Wisata Alam Serang

 

Berdasarkan posisi geografisnya, Serang terletak di bagian barat laut pulau Jawa. Lokasinya cukup berdekatan dengan Jakarta, Tangerang, dan kota-kota besar lainnya. Kawasan industri pun tumbuh cukup banyak di kabupaten ini. Salah satunya adalah kawasan industri Cikande.

Baca Juga11 Tempat Wisata di Cilegon Terbaru untuk Keluarga dan Pacar

Sibuknya suasana Serang menciptakan sebuah kebutuhan tersendiri akan tempat hiburan. Mall-mall hingga tempat tongkrongan yang asyik untungnya sudah semakin menjamur di sana-sini. Namun tentu saja, tak ada yang bisa mengalahkan spot wisata berbasis alam yang masih alami dan berudara segar.

 

13 Wisata Alam Serang yang Wajib Dikunjungi

 

Wisata alam memang menjadi andalan untuk healing bersama keluarga atau treking bersama teman. Di kabupaten maupun kota Serang sendiri, terdapat cukup banyak tempat menarik yang masih sangat alami. Beberapa di antaranya bahkan berstatus cagar budaya.

Apa saja tempat-tempat wisata tersebut? Daripada bertele-tele, yuk simak daftarnya di bawah ini.

 

Baca Juga  Tempat Wisata di Banten Selain Pantai

1. Pulau Sangiang

Spot Wisata Alam Serang

 

Bukan cuma Bali yang punya pulau cantik sekelas Nusa Penida. Kabupaten Serang pun memiliki pulau yang tak kalah rupawan bernama Sangiang. Lokasi Pulau Sangiang adalah di Selat Sunda dan bisa dijangkau dengan kapal pariwisata.

Sangiang memiliki pasir putih cantik yang berpadu dengan birunya laut yang jernih. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pulau ini dari sekadar main air di pantai, melihat hiu, ke bangunan tinggalan Jepang, sampai naik ke perbukitannya menikmati sunset.

 

2. Pulau Dua

Pulau Dua

 

Wisata alam Serang berikutnya adalah pulau Dua. Sebagaimana Sangiang, pulau yang kini menyatu dengan pulau Jawa ini pun memiliki pasir putih yang sangat menawan. Namun yang paling ikonik dari pulau Dua adalah keberadaan batu karangnya yang besar.

Meski demikian, harus diingat bahwa pulau Dua telah ditetapkan sebagai cagar alam di Indonesia. Sebab di pulau ini, terdapat sekitar 1000 jenis burung. Wisatawan harus datang dengan izin dan tak boleh membawa kendaraan bermotor.

 

3. Pantai Anyer

Wisata Alam Serang

 

Salah satu ikon wisata paling terkenal di Banten adalah pantai Anyer. Lokasi pantai Anyer adalah di Kecamatan Anyer, 38 Km dari kota Serang. Sampai hari ini, pantai Anyer telah menjadi destinasi wisata lokal maupun mancanegara.

Berapa harga masuk Pantai Anyer? Secara umum, harga tiket masuknya adalah 5 ribu dengan biaya tambahan 10 ribu untuk mobil dan 5 ribu untuk motor. Khusus untuk pantai Anyer Florida 2, harganya 30 ribu untuk motor dan 100 ribu untuk mobil.

 

4. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

 

Wisata pantai yang tak kalah cantik dari Anyer adalah Karang Bolong. Spot wisata alam Serang ini sebagaimana namanya memiliki karang yang berlubang di bagian tengahnya. Pengelola pun menyediakan anak tangga untuk menaiki karang tersebut.

HTM atau harga tiket masuk Karang Bolong sangat murah, yakni 15 ribu untuk per pengunjung. Dengan harga tersebut, pengunjung sudah bebas bermain hingga berfoto selfie untuk update Instagram masing-masing!

 

Baca Juga  Tempat Wisata 123

5. Rawa Dano

rawa Wisata Alam Serang

 

Tak banyak ditemukan rawa di pulau Jawa. Namun bagi yang ingin menikmati keindahan rawa-rawa yang terbentang hijau, ada Rawa Dano yang bisa disinggahi.

Rawa Dano adalah sebuah hamparan rawa seluas 2.500 H yang berlokasi di Desa Luwuk, Gunungsari, Serang. Selain menelusuri rawa dengan perahu, wisatawan juga bisa melihat monyet hutan, burung Elang, serta hewan-hewan akuatik lainnya.

 

6. Air Terjun Cigumawang

 

Air Terjun Cigumawang atau lebih umum disebut curug Cigumawang adalah wisata alam yang terletak di Kadu Bereum, Padarincang, Kabupaten Serang Banten. Tinggi air terjun sekitar 40 meter.

Sebelum mencapai spot wisata alam Serang ini, pengunjung harus melakukan treking terlebih dahulu sejauh 1 kilometer. Setibanya di curug, selain bisa bermain air, wisatawan juga bisa camping, panjat tebing, dan sekadar berfoto-foto selfie.

 

7. Curug Betung

Curug Betung

 

Curug Betung merupakan sebuah air terjun yang sering dikaitkan dengan kisah Sang Kuriang. Setiap tahunnya curug ini juga menjadi spot diklat atau kegiatan murid-murid dalam kegiatan pramuka.

Nuansa di sekitar curug Betung masih terhitung asri. Sayangnya, akses ke air terjun ini masih sulit. Selain itu, sungai di sekitar curug berketinggian 10 meter ini juga sangat deras sehingga pengunjung tidak direkomendasikan untuk berenang.

 

8. Gunung Pilar

Gunung Pilar

 

Wisata alam Serang yang tak boleh terlewatkan adalah Gunung Pilar. Berlokasi di Cikolelet, Cinangka, Kabupaten Serang, gunung ini cukup mudah dinaiki sebab hanya memiliki ketinggian 430 mdpl.

Harga tiket masuk ke gunung juga sangat murah, yakni 5 ribu saja. Sesampainya di puncak, pengunjung bukan hanya bisa menikmati udara yang segar namun juga pemandangan yang luar biasa.

 

Baca Juga  Singapura Tempat Wisata

9. Gunung Pinang

Ini Wisata Alam Serang

 

Gunung Pinang adalah gunung yang terletak di bagian barat Kabupaten Serang dan berbatasan langsung dengan Cilegon. HTM atau tiket masuknya 20 ribu dengan tambahan biaya parkir untuk sepeda motor maupun mobil.

Meski tidak terlalu tinggi, namun Gunung Pinang menawarkan pesona alam yang memukau. Udara di sekitar gunung juga lebih fresh sehingga cocok untuk healing bagi mereka yang lelah dengan kesibukan di dunia kerja.

 

10. Curug Bumi Padarincang

Curug Bumi Padarincang

 

Mau ke berenang di alam dengan bebas? Bila iya, wisata alam Serang Curug Bumi bisa dijadikan prioritas. Kecuali di musim hujan, sungai di sekitar curug relative aman untuk berenang.

Baca JugaTempat Wisata Daerah Tangerang Terbaik untuk Libur Weekend

Tinggi curug hanya 2-3 meter. Meski demikian spot wisata ini tetap menawarkan alam yang indah dan masih sangat asri. Di beberapa bagian sungai, wisatawan juga bisa melompat ke bawah di air yang sangat bening.

 

11. Danau Tasikardi

Danau Spot Wisata Alam Serang

 

Sekilas dilihat, danau Tasikardi memiliki bentuk kotak yang sangat unik. Hal ini disebabkan karena danau tersebut pada dasarnya ialah danau buatan. Bagian dasarnya bahkan merupakan lantai batu-bata.

Danau Tasikardi dibuat pada zaman Panembahan Maulana Yusuf sekitar tahun 1570-1580. Lokasi danau ini adalah di Kramatwatu, Kota Serang. Selain menikmati pemandangan yang asri, berwisata ke Tasikardi juga merupakan wisata sejarah.
Kurang lebih itulah 11 spot Wisata Alam Serang. Semua destinasi yang disebut di atas menawarkan alam yang menawan dan masih sangat asri.