7 Kelebihan WordPress Dibandingkan CMS lainnya

Kelebihan wordpress – Tiap orang memiliki motif yang berlainan dalam membuat website. Ada yang hanya ingin menuangkan keluh-kesahnya, namun ada pula yang ingin mendapatkan profit.

Cara tiap pemilik situs untuk memperoleh keuntungan pun tak bisa disamakan. Beberapa ada yang sekadar mengincar CPC Google Adsense, sementara yang lainnya ingin memanfaatkan website tersebut untuk internet marketing.

Karena perbedaan motif inilah, idealnya sebelum sebuah website dibangun, pemilik harus tahu betul spesifikasi situs seperti apa yang diinginkan. Termasuk, tentu saja saat memutuskan hendak menggunakan wordpress.

 

 

kelebihan wordpress

 

Kelebihan WordPress Dibanding Blogger, Joomla, dan lainnya

 

Secara umum, wordpress bisa diartikan sebagai sebuah software open-source untuk CMS yang sangat populer. Per 2021, terhitung 42% website di seluruh dunia menggunakan wordpress dibanding yang lainnya.

Popularitas tersebut sudah pasti bukan tanpa alasan. Apalagi, wordpress tidaklah gratis sebagaimana blogger. Tentu CMS ini menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki CMS lainnya baik itu Joomla!, Dotclear, Typo3, dan Chamilo.

 

 

7 Kelebihan WordPress dari Plugin hingga Integrasi Medsos

 

Lantas, apa saja keunggulan yang dimaksud? Daripada bertele-tele, yuk langsung simak 7 poin plus wordpress yang memang menarik minat banyak orang ini.

 

1. Plugin Sangat Banyak

 

Bukan rahasia umum bahwa plugin yang bisa dipasang di wordpress sangat banyak. Ada plugin untuk gambar, pembuatan tabel, form kalkulator, hingga formulir data diri.

Oh ya, bagi yang ingin belajar lebih banyak tentang CMS ini, silahkan masuk ke tautan berikut ini, wordpress. Di situs tersebut, akan dijelaskan berbagai plugin dan fitur menarik yang bisa digunakan di wordpress.

 

Baca Juga  Yuk Beriklan di Iklanwangi, Situs Penyedia Iklan Gratis Terbaik

 

2. Tema yang Menarik dan Mudah Dipasang

ini kelebihan wordpress

 

Tema yang amat beragam tak bisa dipungkiri merupakan salah satu kelebihan wordpress yang paling utama. Tema-tema baru pun terus bermunculan tiap tahun.

Yang lebih menarik, untuk memasang aneka tema tersebut, Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan bahasa pemrogramannya. Tinggal pasang, dan beres!

 

 

3. Kontrol Pengguna Lebih Tinggi

 

Pengguna wordpress memiliki kontrol lebih tinggi akan websitenya dibanding pengguna blogger. Selain keleluasaan mengatur situs dengan plugin dan tema yang beragam, pengguna pun bisa mengontrol tipe hosting yang hendak digunakan.

Misalnya, menggunakan shared hosting dulu untuk berhemat, atau memilih unlimited hosting untuk kapasitas yang besar. Hal ini sedikit banyak membuat pemilik situs benar-benar tahu apa yang berlaku di website-nya.

 

 

4. Membuat E-Commerce Lebih Mudah

 

Seperti dijelaskan di atas, tema dan plugin yang tersedia di wordpress sangatlah bervariasi. Hal ini memungkinkan Anda membuat e-commerce atau toko online tersendiri.

Ya, Anda bisa membuat website-website seperti Shopee dan Tokopedia. Bagi yang punya perusahaan baik itu PT maupun UMKM, hal ini tentu menjadi nilai plus yang sangat besar.

 

 

5. Bisa Dipasang Plugin SEO

Plugin SEO

 

Kelebihan wordpress berikutnya terletak pada opsi bantuan SEO yang bisa didapatkan. Dua di antara plugin SEO yang paling populer di CMS ini adalah Rank Math dan Yoast.

Keduanya akan membantu Anda menilai apakah sebuah artikel sudah SEO-friendly atau belum. Contohnya saja di Yoast, di mana akan ditampilkan warna hijau bila sebuah postingan memiliki skor SEO yang bagus.

 

 

6. Mudah Di Monetisasi

 

Kata siapa wordpress sulit monetisasi? Selain bisa dipasang Adsense, situs yang menggunakan wordpress juga tidak sulit dipasang affiliate marketing. Caranya?
Pasang saja plugin-plugin affiliate seperti AdSanity dan ThirstyAffiliates. Atau, Anda juga bisa mengaturnya sendiri di bagian widget. Silahkan masuk ke bagian Appearance lalu klik widget. Selanjutnya Anda tinggal copy paste kode iklan yang hendak dipasang.

 

Baca Juga  Yuk Beriklan di Iklanwangi, Situs Penyedia Iklan Gratis Terbaik

 

7. Media Sosial

 

WordPress juga sangat mudah diintegrasikan dengan media sosial, lho. Anda bisa memasukkan video Youtube, postingan Instagram, hingga tweet yang sedang trending.

Jangan salah, saat ini, media sosial memiliki pengguna yang sangat besar. Integrasi blog dengan media sosial bisa meningkatkan jumlah tayang hingga pembelian di website.
Kira-kira, demikianlah kelebihan wordpress dibanding blogger. Secara umum, wordpress menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi meskipun dalam praktiknya, Anda harus mengeluarkan biaya tersendiri.

Leave a Comment