7 Minuman Khas Banten yang Enak, Segar, dan Menyehatkan

7 Minuman khas Banten Yang Enak – Bukan cuma kaya akan makanan tradisional, provinsi pecahan Jawa Barat ini ternyata juga memiliki ragam sajian minuman yang enak, menyegarkan, dan juga menyehatkan.

Baca Juga7 Makanan Khas Baduy yang Tak Cuma Enak tapi Juga Sehat dan Alami

Coba bayangkan setelah berpanas-panas ria di pantai Anyer, atau, touring motor dengan sahabat di Pandeglang sana, beristirahat melepas dahaga pasti jadi prioritas. Apalagi bila pelepas dahaganya adalah buatan asli warga lokal! Sudah pasti menambah pengalaman berwisata ke Banten. 

 

Aneka Jenis Minuman Khas Banten: Untuk Oleh-oleh juga Bisa!

 

Selain bisa dikonsumsi saat itu juga, sajian minuman tradisional juga cocok dijadikan buah tangan, lho. Apalagi saat ini sudah banyak minuman tradisional yang dikemas dalam kemasan siap saji.

 

Tinggal buka kemasannya, dan tuangkan air secukupnya. Voila, kita sudah bisa menikmati kreativitas warga Banten yang bisa membuat sajian minuman yang enak.

 

Oleh2 seperti ini juga bisa diberikan ke siapa saja. Misalnya, diberikan ke keluarga besar, teman, pacar, hingga rekan kerja sekantor.

 

7 Minuman Khas Banten

 

Penasaran dengan aneka minuman tradisional dari provinsi paling barat di pulau Jawa ini? Yuk, simak daftarnya di bawah ini. Ada yang cocok untuk menghangatkan tubuh di kala panas, namun ada juga yang ideal untuk menyegarkan dahaga di siang yang terik.

 

Baca Juga  Makanan Khas Lebak Untuk Oleh-oleh Hingga Wisata Kuliner

1. Es Sekemu

Minuman Khas Banten Enak Segar

 

Tak afdol ke Banten bila belum mencoba es sekemu. Es ini terbuat dari kelapa muda dan buah sawo matang. Air yang digunakan merupakan air kelapa yang kadang ditambahkan dengan sirop.

 

Rasanya? Jelas sangat enak plus menyegarkan. Es sekemu paling cocok dinikmati di siang hari yang panas. Misalnya, saat dalam perjalanan mengunjungi rumah saudara di Pandeglang atau Serang atau setelah menyantap Angeun Lada. Sayangnya, makin hari penjual es sekemu makin jarang ditemukan.

 

2. Minuman Karas Tulang

Minuman herbal Baduy Karas Tulang

 

Karas tulang pada dasarnya adalah nama sebuah tanaman. Orang Baduy biasa menggunakan daun dari tanaman tersebut untuk dijadikan minuman. Dari segi rasa, minuman ini jelas tidak selezat es sekemu.

 

Tapi jangan salah, minuman ekstrak atau tumbukan Karas Tulang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, yakni untuk menguatkan tulang sekaligus mencegah osteoporosis. Warga Baduy pun mengaku bahwa mereka kuat berjalan sangat jauh karena rutin mengonsumsi minuman ini.

 

3. Sirup Rosella

minuman khas Banten sirup rosella

 

Sirup Rosella Fresh adalah minuman khas Banten yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Rosella sendiri sebenarnya adalah tanaman herbal yang tumbuh sepanjang tahun. Bunganya berwarna merah cantik dan daunnya berbentuk kecil memanjang.

Banten adalah salah satu wilayah penghasil sirop rosella terbaik. Makanya, pengunjung yang pergi ke provinsi ini sangat disarankan membeli sirup Rosella untuk oleh-oleh. Nantinya, sirup ini bisa disajikan dengan es atau air panas untuk membuat tubuh tetap segar.

 

4. Air Madu Hutan Baduy

minuman tradisional suku baduy

 

Suku Baduy sangat terkenal dengan madu hutannya. Sebagaimana sirup Rosella Fresh, madu hutan ini pun bisa disajikan menjadi minuman dingin maupun panas. Orang Baduy sendiri sering mencampurkan madu dengan kencur ataupun jahe.

 

Alhasil, tercipta minuman khas Banten dengan khasiat kesehatan tinggi. Sebab kencur dan jahe memiliki sifat antioksidan yang signifikan. Dipadu dengan madu yang juga bernutrisi, tubuh akan lebih sehat pasca mengonsumsinya.

 

Baca Juga  12 Makanan Tradisional Khas Aceh Paling Enak 100% Harus Coba

5. Bandrek

Minuman khas Banten Bandrek

 

Bandrek sebenarnya bukan hanya minuman tradisional milik Banten. Bandrek juga merupakan sajian khas Jawa Barat. Sebab minuman ini pada dasarnya ditemukan di semua wilayah suku Sunda tinggal.

 

Bandrek sendiri terbuat dari jahe serta gula merah. Kala hujan atau cuaca sedang dingin, minuman ini akan cocok dinikmati dengan kacang atau ubi rebus. Ketika Covid-19 sedang mewabah pun, bandrek selalu jadi rujukan karena kandungan jahenya yang menyehatkan.

 

6. Teh Jahe Merah dan Gula Aren

Teh Jahe Merah dan Gula Aren

 

Selain terkenal dengan madu hutannya, orang Baduy rupanya juga suka mengonsumsi jahe merah. Rimpang tersebut biasanya dipadukan dengan gula aren tradisional sehingga menghasilkan kombinasi rasa pedas dan manis yang nikmat.

 

Saat ini, UMKM minuman jahe merah Banten juga sudah banyak bermunculan. Ada yang hanya berupa teh jahe merah, namun ada juga yang memberikan tambahan empon-empon lainnya.

 

Pada akhirnya, bisa dikatakan semua minuman khas Banten di atas menawarkan 2 hal sekaligus. Yang pertama tentu aja cita rasa yang enak. Sementara yang kedua adalah khasiatnya yang menyehatkan.

Leave a Comment