Makanan Khas Lebak Untuk Oleh-oleh Hingga Wisata Kuliner

Makanan khas Lebak – Terletak di bagian selatan Provinsi Banten, Lebak adalah kabupaten yang masih terbilang underrated. Padahal, kabupaten yang berpusat di Rangkasbitung ini memiliki segudang hidden gem yang menarik.

Baca Juga2 Jenis Pakaian Adat Lampung Selatan dan Contoh Gambarnya

Urusan pariwisata, misalnya, Lebak menawarkan keindahan alam yang masih sangat alami seperti Pantai Karang Taraje dan Pantai Tanjung Layar. Mau healing atau naik gunung dengan teman pun bisa dilakukan sepuasnya di sini. Selain itu, dalam hal budaya, wilayah ini juga terkenal akan akan pemukiman orang Baduy-nya.

 

 

Apa Saja Makanan Khas Lebak untuk Oleh oleh dan Wisata Kuliner?

 

Selain kaya akan wisata alam dan budayanya, Lebak ternyata juga memiliki kekayaan kuliner yang mengagumkan. Banyak sekali jajanan dengan rasa yang sangat enak mulai dari kue tradisional hingga sayur campur daging yang super lezat.

Tak ada salahnya lho membeli oleh-oleh khas dari kabupaten ini untuk dibawa pulang. Apalagi pilihannya juga sangat beragam dari yang rasanya asin, manis legit, sampai gurih pedas.

 

 

11 Makanan Khas Lebak Dibuat dari Resep Tradisional

 

Lantas, apa saja makanan unik dari daerah ini yang wajib dicoba? Langsung saja, yuk simak daftarnya di bawah ini. Silahkan pilih yang paling pas untuk dijadikan buah tangan, disantap langsung, maupun dijadikan cemilan saat sore hari.

 

Baca Juga  11 Makanan Orang Betawi Yang Memanjakan Lidah

1. Angeun Lada

Angeun Lada

 

Angeun lada adalah makanan tradisional yang sangat terkenal di masyarakat Lebak, Pandeglang, dan juga Serang. Dilihat dari segi visualnya, angeun lada memiliki tampilan berkuah merah dengan babat sapi dan beberapa sayuran. Rasanya sendiri merupakan kombinasi antara pedas dan gurih.

 

2. Gula Aren Kelapa

Gula aren makanan khas Lebak

 

Siapa yang suka dengan gula aren? Di salah satu kabupaten provinsi Banten ini, terdapat oleh-oleh yang sangat khas berupa gula aren dalam batok kelapa. Jadi bukan hanya rasa enak yang ditawarkan makanan ini, melainkan juga tampilan yang sangat unik dan menarik.

 

3. Bakso Ikan Malingping

Bakso Ikan Malingping

 

Siapa tak mengecap lidah melihat gambar makanan khas Lebak di atas? Ya, itulah bakso ikan malingping! Bakso ini terbuat dari ikan tuna atau tenggiri. Kuahnya asin gurih dan akan bertambah lezat bila diberi campuran sambal ekstra pedas.

 

4. Sate Bebek

Sate Bebek Makanan Khas Lebak

 

Di berbagai tempat di Indonesia, bebek biasanya tersedia sebagai kuliner gorengan. Namun, masyarakat Lebak ternyata punya cara tersendiri mengolah bebek, yakni dengan menjadikannya sate. Hasilnya? Rasa sate bebek cenderung kenyal namun empuk dengan bumbu khas yang lezat.

 

5. Sate Bandeng Rangkasbitung

Oleh-oleh lebak sate bandeng

 

Di antara oleh-oleh tradisional Lebak yang wajib dicoba adalah sate Bandeng Rangkasbitung. Sate ini, sebagaimana namanya terbuat dari ikan bandeng yang diberi campuran bumbu berempah kuat. Beberapa warung bahkan menyediakan sate bandeng tanpa duri.

 

6. Camilan Keceprek

Makanan Khas Lebak Keceprek

 

Dilihat sekilas, Keceprek, adalah salah satu makanan khas Lebak seperti emping Banten berukuran kecil. Secara umum, keceprek memiliki rasa asin dengan sedikit kesan pahit. Namun saat ini, rasa makanan ini telah dimodifikasi sehingga tersedia rasa manis, balado, pedas, madu, dan lainnya.

 

Baca Juga  Makanan Khas Provinsi Banten Yang Sering di Cari

7. Gipang

Makanan tradisional Baduy

 

Gipang adalah jajanan khas masyarakat Baduy. Kue ini terbuat dari beras ketan yang diberi sirup gula. Rasanya manis legit dan sangat tahan lama. Jajanan tradisional ini juga sangat cocok dijadikan penganan menjelang hari raya maupun oleh-oleh.

 

8. Lemang

Makanan Khas Lebak Leumeung

 

Leumeung atau juga disebut lemang adalah penganan yang sekilas mirip dengan ketupat. Namun bedanya, leumeung terbuat dari beras ketan yang diberi campuran santan. Setelah itu, campuran ketan dan santan tersebut dibungkus daun dan dimasukkan ke batang bambu untuk dimasak.

 

9. Si Manis Kue Pasung

Kue pasung

 

Mau makanan khas Lebak yang rasanya manis? Bila iya, silahkan coba enaknya dessert tradisional nusantara bernama Kue Pasung. Kue ini juga memiliki resep yang sangat mudah diikuti. Bahan pembuatnya hanya ketan, santan, dan gula aren.

 

10. Opak

Makanan Khas Lebak Opak

 

Opak sebenarnya adalah camilan yang ditemukan di semua wilayah suku Sunda. Lebak yang merupakan kabupaten di Banten pun memiliki Opak sebagai jajanan tradisional. Rasa opak sendiri gurih dan renyah. Makanan ini cocok digunakan untuk oleh-oleh saat pulang kampung.

 

11. Emping Jengkol

Emping jengkol banten

 

Penyuka jengkol wajib mencoba penganan asal Lebak bernama emping jengkol. Rasa emping jengkol jelas sangat enak karena mengkombinasikan cita rasa gurih dan asin. Beberapa olahan emping jengkol juga sudah dibuat lebih modern dengan menggunakan perasa yang berbeda-beda.

Baca JugaIni 2 Jenis Pakaian Adat Lampung Melinting dengan Gambarnya

Bagaimana? Kelihatan enak ya semua Makanan Khas Lebak di atas? Aneka jajanan tradisional ini bisa disantap di tempat atau dijadikan oleh-oleh. Selamat menikmati!

Leave a Comment