Pentingnya Pengembangan Website untuk UMKM

Pengembangan website untuk UMKM – Dunia usaha telah mengalami perubahan besar sejak beberapa tahun belakangan. Salah satunya disebabkan karena inovasi teknologi yang berkembang sangat cepat.

Dalam hal marketing, misalnya. Dulu, untuk mengenalkan sebuah usaha, seseorang harus mencetak ribuan pamflet untuk disebar ke mana-mana. Sekarang? FB Ads dan Google Ads jelas lebih bermanfaat dalam meningkatkan trafik dan pendapatan.

Dunia UMKM pun mau tak mau harus sigap dengan perubahan ini. Anda tak bisa terus-menerus bertahan dengan cara lama ketika ada sebuah cara baru yang terbukti memberikan hasil lebih baik.

 

Pengembangan Website untuk UMKM

 

Di Mana Belajar Pengembangan Website untuk UMKM?

 

Dari berbagai strategi yang perlu dipelajari pegiat UMKM di era digital, satu strategi yang tak boleh diabaikan adalah strategi internet marketing. Hal fundamental yang harus dipunyai? Jelas website.

Website memiliki peran krusial baik untuk meningkatkan citra perusahaan maupun untuk memperkenalkan sebuah produk. Tanpa website, usaha UMKM Anda bak ksatria tanpa senjata yang maju di medan perang.

Namun memiliki website saja sebenarnya belum cukup. Website tersebut juga harus memiliki desain dan konten berkualitas sehingga bisa digunakan untuk tujuan-tujuan yang berimbas baik bagi UMKM.

Untungnya, mempelajari cara mengembangkan website untuk meningkatkan exposure dan penjualan bukanlah hal yang sulit. Ada berbagai referensi yang bisa diandalkan dengan gratis. Misalnya saja, website Pengembangan Website, Jokowa.id.

Jokowa menyediakan berbagai materi baik yang bersifat dasar maupun advance. Beberapa materi tersebut antara lain adalah:

  • SEO dan SEM
  • Dunia server
  • Jenis-jenis blog
  • Optimasi media sosial
  • Bisnis online
Baca Juga  Yuk Beriklan di Iklanwangi, Situs Penyedia Iklan Gratis Terbaik

 

5 Manfaat Pentingnya Pengembangan Website untuk UMKM

 

cara mengembangkan website

 

Secara umum, ada banyak sekali manfaat mengembangkan sebuah website untuk usaha kecil maupun menengah. Beberapa manfaat tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

 

1. Sebagai Rujukan Customer

Coba bayangkan bila Anda adalah seorang customer. Ketika Anda diperkenalkan sebuah produk UMKM baru, sudah pasti Anda akan mencari tahu dulu tentang produk tersebut di internet. Bila pencariannya tak membuahkan hasil, Anda pasti akan ragu untuk membeli.

Oleh sebab itulah, perusahaan apapun di era saat ini, perlu memiliki website tersendiri.

Website tersebut harus berisi informasi yang baik mengenai perusahaan maupun produk-produknya. Dengan demikian, calon customer tidak kebingungan ketika baru pertama kali mendengar nama sebuah produk.

 

2. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Percaya tak percaya, salah satu alasan terpenting pengembangan website untuk UMKM terletak pada masalah kredibilitas. Sekecil apapun sebuah usaha akan terlihat kredibel dan meyakinkan bila website official-nya bagus.

Sebab di era digital seperti saat ini, website bertindak selayaknya front office pada bangunan kantor. Semakin bagus front office, semakin tampak meyakinkan sebuah bangunan. Demikian pula dengan website, semakin bagus website, semakin tinggi kepercayaan netizen pada pemilik website tersebut.

 

3. Meningkatkan Popularitas Produk

 

Website juga bisa digunakan untuk meningkatkan popularitas produk. Caranya cukup sederhana. Sebab, website hanya perlu diisi dengan deskripsi serta gambar produk yang ingin dikenalkan.

Setelah itu, artikel tentang produk bisa disebarkan di media sosial, baik secara manual maupun menggunakan FB Ads. Menyewa influencer pun bisa dilakukan dengan menautkan link tentang produk pada postingan influencer terkait.

 

4. Membantu Divisi Marketing

Strategi marketing bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan marketing berbasis website untuk menyasar pengguna internet.

Metode pengembangan website untuk marketing ini juga tidak melulu hanya mengandalkan web official-nya lho. Anda juga bisa membuat lebih banyak situs, masing-masing fokus untuk menaikkan popularitas sebuah produk.

 

Baca Juga  7 Kelebihan Wordpress Dibandingkan CMS lainnya

5. Medium Komunikasi dengan Masyarakat

Terakhir, sebuah website juga berperan sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan perusahaan. Pasalnya, selain bisa digunakan untuk membaca review produk, masyarakat juga bisa mengontak perusahaan via website secara langsung maupun lewat kontak yang tersedia.

Kira-kira, itulah alasan pentingnya pengembangan website untuk UMKM. Jangan lupa, untuk belajar bisnis online, Jokowa.id tempatnya!

Leave a Comment