Makanan Khas Lampung Tengah Lengkap: Cocok untuk Oleh-oleh!

Makanan khas Lampung Tengah – Salah satu kabupaten terpadat di provinsi Lampung adalah Lamteng. Kabupaten yang tak punya pantai ini, dulunya memiliki wilayah yang luas mencakup Kota Metro dan Lamtim. Namun pada 1999, terjadi pemekaran daerah yang pada akhirnya juga membuat kabupaten ini memiliki ibukota baru, Gunung Sugih.

Penduduk Lamteng sangat beragam. Selain etnis asli, tinggal pula orang-orang Jawa, Sunda, dan juga Bali. Keragaman tersebut tentu sangat menarik sebab kabupaten ini menjadi lebih semarak dengan budaya yang berbeda-beda.

 

Apa Saja Makanan Khas Lampung Tengah yang Enak?

 

Lampung Tengah memang masih underrated. Tak banyak orang yang mengenal tempat ini, baik dari segi wisata maupun budayanya. Namun sebetulnya, banyak sekali hal menarik dari kabupaten landlocked tersebut.

Baca Juga9 Makanan Khas Lampung Timur yang Enak dan Wajib Dicoba

Salah satunya tentu ialah kulinernya. Rasa yang kuat dan gurih adalah ciri makanan Lampung. Olahannya juga banyak menggunakan ikan serta rempah sehingga sangat menyehatkan. Bahan-bahan yang digunakan pun kadang tak ditemukan di tempat lain.

 

Ini 9 Makanan Khas Lampung Tengah untuk Oleh-oleh dan Wisata Kuliner

Lantas, apa saja ya makanan khas Lamteng? Daripada makin penasaran, yuk simak daftarnya di bawah ini. Ada makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh karena sifatnya yang awet. Namun ada juga yang lebih cocok dinikmati langsung di tempat.

Baca Juga  9 Makanan Khas Lampung Timur yang Enak dan Wajib Dicoba

 

1. Peros Masin

makanan khas lampung tengah peros masin

Lezatnya peros masin sangat melegenda di Lampung bagian tengah. Makanan ini terbuat dari ikan air tawar maupun ikan air laut seperti mujair dan tuhuk yang dimasak dengan rempah melimpah. Sekilas, peros masin terlihat seperti gulai ikan biasa. Namun dalam pembuatannya, makanan ini tidak menggunakan santan sama sekali.

 

2. Selimpok

makanan khas lampung tengah selimpok

Makanan khas Lampung Tengah terenak berikutnya jatuh kepada selimpok. Kue tradisional ini memiliki cita rasa manis dengan kesan asam yang lezat. Selimpok sendiri sekilas mirip dengan kue Lampung lain bernama sekubal. Namun, selimpok tidak menggunakan campuran santan pada adonannya. Yang digunakan justru adalah pisang.

 

3. Sop dan Sate Tuhuk

sate tuhuk

Ikan tuhuk atau blue marlin adalah ikan yang hidup di air asin atau laut. Meski warga Lamteng tinggal di wilayah jauh dari laut, namun beberapa daerahnya cukup dekat dengan pantai. Tak heran cukup banyak olahan seafood di kabupaten ini. Salah satunya adalah olahan ikan tuhuk menjadi sate dan sop. Rasanya? Jelas sangat enak, gurih, dan bisa menggoyang lidah!

Baca Juga7 Makanan Khas Baduy yang Tak Cuma Enak tapi Juga Sehat dan Alami

 

4. Benjak Enjak

makanan khas lampung tengah benjak

Selain selimpok, Lamteng pun punya sajian khas yang legit bernama Benjak Enjak. Makanan ini adalah kue tradisional warga pesisir dan pepadun. Dari tampilan dan rasanya, Benjak Enjak memiliki kemiripan dengan wajik yang dikenal di Jawa.

 

5. Kemplang

makanan khas lampung tengah kemplang

Bosan dengan rasa camilan yang manis? Bila iya, yuk coba keripik kemplang. Keripik ini sebenarnya banyak ditemukan di daerah Sumatera seperti di Bangka Belitung. Bahan utama yang membuatnya enak adalah ikan tenggiri. Bagi yang ingin mencari oleh-oleh selepas berwisata ke Lamteng, keripik Kemplang adalah jawaban terbaik karena makanan ini sangat awet.

Baca Juga  10 Makanan Khas Kota Cirebon yang Tak Ada di Tempat lain

 

6. Kue Lempok

lempok

Kembali lagi ke dessert. Kali ini ada makanan khas Lampung Tengah bernama kue lempok. Kue lempok adalah kue yang terbuat dari durian. Bisa dikatakan, kue ini ialah dodolnya orang Lampung yang terbuat dari “the king of fruit.” Bersama dengan kemplang, lempok adalah pilihan tepat sebagai buah tangan.

 

7. Umbu

makanan khas lampung tengah umbu

Umbu adalah salah satu makanan khas Lampung Tengah yang wajib dicoba. Makanan ini diolah dari bahan yang tak biasa, yakni rotan muda. Bahan tersebut kemudian di sayur dengan cara ditumis. Bagi yang ingin mencicipi kuliner yang benar-benar khas Lampung, wajib sesekali mencicipi lezatnya Umbu.

 

8. Sekubal

sakubal

Bukan cuma Lampung Timur yang punya sekubal. Warga Lamteng pun memiliki tradisi menyajikan sekubal pada momen-momen tertentu. Makanan ini terbuat dari ketan yang dipadukan bersama santan. Selanjutnya, olahan sekubal yang matang dapat dinikmati bersama aneka lauk pauk seperti rendang ataupun pindang.

 

9. Pindang

pindang lampung

Gurihnya rasa pindang juga bisa dinikmati di Lampung Tengah. Sebagaimana wilayah Sumatra lainnya, warga di wilayah ini memang menggemari olahan pindang baik untuk dimakan sehari-hari maupun untuk acara-acara besar.

Baca Juga13 Tempat Wisata di Lampung yang Lagi Hits dan Viral

Nah, kira-kira itulah 9 makanan khas Lampung Tengah. Semuanya enak dan memiliki cita rasa yang orisinal. Ada yang cocok dimakan langsung, namun ada juga yang bisa dijadikan oleh-oleh. Kira-kira, mana makanan khas Lampung Tengah favoritmu?

Leave a Comment