9 Makanan Khas Lampung Timur yang Enak dan Wajib Dicoba

Makanan Khas Lampung Timur – Berjulukan Bumei Tuwah Bepadan, Lamtim merupakan salah satu kabupaten di provinsi Lampung. Kabupaten ini memiliki objek wisata sekaligus cagar alam yang sangat terkenal bernama Way Kambas.

Baca JugaMakanan Khas Provinsi Banten Yang Sering di Cari

Demografi masyarakat Lamtim sangat beragam. Ada penduduk asli Lampung, suku Jawa, Sunda, Minang, Bugis, dan lain-lain. Pada era penjajahan Belanda, Lamtim telah dibangun dan dikembangkan menjadi 3 distrik. Saat ini, kabupaten yang berbatasan dengan laut jawa tersebut beribukota di Kecamatan Sukadana.

 

Daftar Makanan Khas Lampung Timur yang Otentik dan Enak

 

Kabupaten Lampung Timur memiliki ragam kuliner yang memanjakan lidah. Ada makanan yang cocok disantap kala hari sedang hujan, dan ada pula camilan yang bisa dibeli untuk oleh-oleh.

Kekayaan kuliner kabupaten ini bukan tanpa alasan. Sebab sejak dulu kala, provinsi Lampung adalah wilayah yang mendapat pengaruh dari berbagai kerajaan di sekitarnya. Alhasil, cita rasa makanan yang dibuat pun cenderung kaya dan sangat menggugah selera.

 

Apa Saja Makanan Khas Lampung Timur?

 

Meski tak sepopuler Sumatera Barat dengan nasi padangnya atau Sumatera Selatan dengan pempeknya, kuliner Lamtim tetaplah worth it dicoba. Makanya, yuk kenali dulu 9 makanan khas Lamtim di bawah ini. Siapa tahu, suatu saat berkesempatan ke kabupaten yang masih asri ini.

Baca Juga  Makanan Khas Lebak Untuk Oleh-oleh Hingga Wisata Kuliner

 

1. Seruit

seruit

Penyuka olahan ikan wajib mencoba seruit. Sajian ini pada dasarnya merupakan ikan yang dibakar atau digoreng setelah sebelumnya dimarinasi secara khusus dan dicampur dengan sambal terasi atau tempoyak.

Beberapa orang juga biasa mengombinasikan seruit dengan sambal buah mangga. Rasa Seruit sangat enak karena memadukan gurihnya ikan sungai dengan sambal yang pedas serta sayur lalap yang segar.

 

2. Tempoyak

Makanan Khas Lampung Timur tempoyak

Tempoyak sebenarnya bukan hanya ditemukan di Lampung. Olahan ini juga banyak ditemukan di wilayah Sumatera yang lain. Bahan pembuatannya sendiri cukup sederhana, yakni daging durian yang difermentasikan bersama garam. Tempoyak dapat langsung dimakan maupun diolah lebih lanjut menjadi gulai serta sambal.

 

3. Sekubal

sekubal

Makanan khas Lampung Timur berikutnya adalah sekubal. Olahan ini dibuat dari beras ketan yang dicampur santan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Setelahnya, semua bahan itu dimasak minimal selama 8 jam. Bila sudah matang, sekubal sangat ideal disajikan bersama lauk seperti rendang.

 

4. Lempok Durian

Makanan Khas Lampung Timur lempok

Ingin mencicipi kue tradisional Lampung? Bila iya, silahkan mencoba lempok durian. Dessert manis ini terbuat dari daging buah durian, gula jawa, serta garam. Proses pembuatannya sendiri cukup mudah namun membutuhkan waktu 2 jam. Dengan rasa manis yang khas gula aren serta buah durian, camilan ini cukup ideal dibeli sebagai oleh-oleh.

 

5. Pindang Khas Lampung

Makanan Khas Lampung Timur pindang

Masyarakat Lampung mendefinisikan pindang sebagai olahan ikan dengan kuah yang kaya rempah. Di Lampung sendiri, jenis ikan yang biasa dipindang adalah ikan patin. Bukan hanya memanjakan lidah, sajian berkuah ini juga sangat menyehatkan karena mengandung nutrisi yang super lengkap.

 

6. Gabing

gabing

Tak afdol ke Lamtim tanpa mencicipi Gabing. Makanan khas Lampung Timur ini dibuat dari bahan yang tak biasa, lho! Ya, batang kelapa muda. Batang tanaman yang belum tua tersebut dipilih dan kemudian dipotong kecil-kecil. Setelah itu, bahan tersebut dimasak bersama kuah santan yang bumbunya menyerupai bumbu sayur lodeh.

Baca Juga  11 Makanan Orang Betawi Yang Memanjakan Lidah

 

7. Ikan Panggang Sukadana

Makanan Khas Lampung Timur sukadana

Salah satu kuliner Lamtim yang bisa disantap di tempat sekaligus dijadikan oleh-oleh adalah ikan panggang nya. Meski cuma ikan panggang, bumbu yang diaplikasikan begitu original sehingga menghasilkan cita rasa tersendiri. Ikan yang diolah pun umumnya ikan lokal yang tak banyak dimanfaatkan di daerah lain.

 

8. Sambal Asam Kembang

sambal asem kembang

Pedas, asam, gurih, sekaligus enak! Kira-kira demikianlah deskripsi sambal asam kembang. Sambal ini dibuat menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai, asam jawa, ebi, dan terasi. Lauk apapun pasti akan terasa sangat nikmat bila dimakan dengan sambal pedas asam ini.

 

9. Keripik Nangka

Makanan Khas Lampung Timur keripik

Ternyata, Lamtim juga memiliki camilan unik lho! Bila Malang punya keripik apel, kabupaten ini memiliki keripik nangka. Rasanya jelas manis dengan sedikit kesan masam. Camilan ini sangat sesuai digunakan sebagai buah tangan bagi mereka di kampung halaman.

Baca Juga7 Makanan Khas Baduy yang Tak Cuma Enak tapi Juga Sehat dan Alami

Demikianlah 9 Makanan khas Lampung Timur yang bukan hanya enak namun memiliki kekhasan tersendiri. Selain bisa disantap di tempat kala berwisata kuliner, pengunjung juga bisa menjadikan beberapa olahan di atas sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

Leave a Comment