Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit – PAGI KOPI,- Kisah berdirinya kerajaan Majapahit diawali dengan permintaan Raden Jayavijaya kepada Jayakatwang untuk membuka hutan di daerah Tarik.

Merujuk buku Prof. Dokter. Slamet Mulyana (2005), Virajaya menasihati Raden Vijay untuk menyerah pada Jayakatwang.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Asal usul nama Majapahit terkait dengan fakta bahwa ketika para pekerja mulai menebang hutan Tarik, banyak ditemukan buah maya (vilva) yang memiliki rasa pahit (tikta) saat dimakan.

Ketika Jayakatwang Berhasil Ditipu Oleh Raden Wijaya

Pada masa pemerintahan Jayanegara, pendeta Italia Odorico da Pordenone mengunjungi Istana Majapahit di Jawa.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Ibu tirinya, Gayatri Rajapatni, seharusnya menggantikannya, tetapi Rajapatni memutuskan untuk meninggalkan istana dan menjadi biarawati.

Pada pelantikannya, Gaja Mada melaksanakan Sumpah Palapa yang menyatakan niatnya untuk memperluas kekuasaan Majapahit dan membangun kerajaan.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Raja Kerajaan Singasari Dan Kisah Tragedi Yang Menyertai Jelang Suksesi

Baca Juga: Rahasia Sejarah Lereng Cibeka Ciamis: Pengendara Kerap Melihat Makhluk Astral, Jalan Mudik Paling Ekstrem di Jawa Barat Daya

Karena posisinya yang menguntungkan di jalur perdagangan rempah-rempah, Kerajaan Majapahit menjadi kaya dengan mengenakan bea atau pajak atas barang-barang yang diekspor ke daerah-daerah yang dikuasainya.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Khayam Wuruk yang memerintah dari tahun 1350 sampai 1389 dibantu oleh Perdana Menteri Gaja Mada yang tangguh.

Rangkuman Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

Bersamaan dengan itu, Islam menyebar di wilayah tersebut dan banyak kerajaan yang menganut kepercayaan Provinsi Singasari, Kerajaan Malang Singasari ( ) merupakan salah satu kerajaan terbesar di kepulauan yang didirikan oleh Ken Arok. Sejarah kerajaan Singasari dimulai dari daerah Tumapel yang diperintah oleh akuvu (bupati). Terletak di daerah subur provinsi Malang dengan pelabuhan bernama Pasuruan.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

4 raja terkenal Raja yang paling terkenal di Kerajaan Singasari adalah Kertanegara karena : Kehidupan rakyat mulai dari ekonomi, politik, budaya dan agama ditentukan. Kertanegara memiliki posisi yang kuat terutama dalam hal persebaran wilayahnya. Dia memiliki banyak pengetahuan, terutama dalam hal agama. Dia adalah pemimpin yang menghormati kebebasan beragama. Dia adalah seorang negarawan, dia mengelola pemerintahan dengan tertib.

5 Kehidupan Sosial Kehidupan masyarakat terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan atas yang terdiri dari raja, keluarganya dan para bangsawan lainnya. Kelas bawah adalah orang biasa dan orang biasa. Dalam banyak kasus, pejabat pemerintah memiliki daerah di mana orang dikenakan pajak, dan sebagian dari uang yang mereka peroleh digunakan untuk membayar pajak kepada raja. Desa dibangun setelah festival Pasar Jawa.

Baca Juga  Sejarah Keraton Surosowan: Keunikan, Fungsi, dan Kehancurannya

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Pemberontakan Jayakatwang, Awal Keruntuhan Kerajaan Singasari

Di kerajaan ini terdapat karya Mpu Thanakunga dan kitab Lubdhaka. Kehidupan rakyat jelata didasarkan pada budaya orang India. Pada umumnya masyarakat kerajaan ini beragama Hindu dan masyarakatnya memiliki akses pendidikan. Pada masa ini, kebudayaan berkembang pesat, seperti wayang kulit, wayang orang dan bentuk kesenian lainnya.

7 Kehidupan Ekonomi Pertanian, perdagangan dan kerajinan mendominasi kehidupan masyarakat yang tinggal di Singasari. Aktivitas perdagangan berlangsung pada lima hari pasar yang berbeda. Saat itu, perdagangan antar pulau, antar daerah bahkan dengan negara lain sudah tertata dengan baik.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

8 Kehidupan Politik Upaya Raja Kertanegara dapat dilihat dalam implementasi kebijakan dalam dan luar negeri. 1. Politik internal: Dia mengubah pendukungnya, seperti Mahapatih Raganatha, yang digantikan oleh Aragani. Berbuat baik kepada lawan politik ibarat memilih putra Jayakatwang (raja Kediri) bernama Ardharaja sebagai menantunya. Perkuat tentara.

Candi Singosari, Tanda Cinta Patih Gajah Mada Untuk Sang Idola

9 2. Kebijakan luar negeri: melakukan perjalanan ke Malaya untuk menguasai kerajaan Melayu dan melemahkan posisi kerajaan Sriwijaya di Selat Malaka. Perkembangan Bali. Pembangunan Jawa Barat. Menguasai Malaka dan Kalimantan.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

10 Penguasa 1. Ken Arok (1222-1227 M) adalah pendiri Kerajaan Singasari yang sekaligus menjadi Raja pertama Singasari dengan nama Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabumi. Munculnya Ken Arok sebagai raja pertama Singasari menandai munculnya dinasti baru, yaitu Rajasawangsa atau Girindrawangsa. Ken Arok memerintah hanya selama lima tahun (1222-1227). Pada tahun 1227 M, Ken Arok terbunuh dalam pengabdian kepada Anusapati (anak tiri Ken Arok). Ken Arok dimakamkan di Kegenengan di rumah Siwa Buddha.

Sepeninggal Ken Arok, tahta Kerajaan Singasari jatuh ke tangan Anusapati. Anusapati memerintah selama 21 tahun, Anusapati tidak banyak berubah karena sibuk dengan keceriaan ayam jago. Peristiwa kematian Ken Arok terungkap dan sampai ke Tojoyo (anak Ken Arok dari Ken Umang). Akhirnya Tojoyo mau membunuh Anusapati, Tojoyo membunuh Anusapati dengan Keris buatan Empu Gundring. Pada tahun 1248 M, Anusapati meninggal dunia dan jenazahnya disimpan di Candi Kidal.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Mengenang Raja Kertanegara Di Candi Singosari

12 3. Tojoyo (1248 M) Sepeninggal Anusapati, tahta Kerajaan Singasari diambil oleh Tojoyo. Ini adalah raja yang pemerintahannya sangat singkat, atau kurang dari satu tahun. Namun Tohjoyo sudah lama tidak memerintah Kerajaan Singasari, karena putra Anusapati, Ranggawuni, ingin membalas kematian ayahnya. Dengan bantuan Mahesa Chempaka dan para pengikutnya, Ranggawuni berhasil menggulingkan Tohjoyo dan merebut tahta. Tojoyo meninggal di Katang Lumbang karena melarikan diri dari perang melawan Ranggawuni.

13 4. Ranggavuni (1248–1268 M) Ranggavuni naik tahta Kerajaan Singasari pada tahun 1248 M. e. dan kepala Sri Jaya Vishnuvardana Mahesa Chempaka (putra Mahesa Vongatelenga) yang diberi gelar Ratu Angabhaya dan kepala Narasinghamurti. Pemerintahan Ranggavuni membawa kedamaian dan kemakmuran bagi masyarakat Singasari. Pada tahun 1254, M. Wisnuvardana mengangkat putranya Kertanegara sebagai Yuvaraja (gubernur) dengan tujuan untuk mempersiapkannya menjadi raja besar di Kerajaan Singasari. Pada tahun 1268 Wisnuvardana wafat dan diabadikan di Jajaga atau Kuil Jago sebagai Buddha Amopasa dan di Kuil Valeri sebagai Siwa.

Baca Juga  Sejarah Kerajaan Wengker

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

14 5. Kertanegara (M) Disebut Srimaharaja Sri Kartanegara Dia adalah raja besar Singasari. Tahun perjalanan Pamalaya. Wilayah yang ditaklukkannya adalah Bali, Pahang, Zonda, Bakulapura (Kalimantan Barat Daya) dan Gurun (Maluku) dan menjalin hubungan baik dengan Jaya Singavarman – Raja Kampa. Pada tahun 1292 Kertanegara wafat karena penaklukan Kedira oleh Jayakatwang. Jenazah Kertanegara dimakamkan di candi Javi dan Singosari.

Sejarah Kerajaan Kediri, Singasari, Majapahit Dan Buleleng

Candi ini terletak di Singasari, Kabupaten Malang dan terletak di lembah antara Tengger dan Gunung Arjuna. 1. Candi Singasari Menurut yang disebutkan dalam kitab Negarakertagama karya Gajah Mada yang ditulis pada tahun 1351 M di pelataran bangunan candi, candi ini merupakan “pendharman” tempat raja terakhir Singasari, Sanga Kertanegara, yang wafat (meninggal) . ) pada tahun 1292 akibat penyerangan istana oleh pasukan Gelang – Gelang yang dipimpin oleh Jayakatwang. Ada keraguan besar bahwa candi ini tidak pernah selesai.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

16 2. Candi Jago Candi Jago merupakan tempat pemujaan Raja Roggowuni. Arsitektur Candi Jago dibangun seperti pelataran berundak berundak. Candi ini sangat istimewa karena hanya tersisa satu bagian puncaknya yang menurut cerita masyarakat setempat disebabkan oleh petir. Gambar Kunjarakarna dan Pankatantra terdapat di candi ini. Padahal, seluruh bangunan candi ini terbuat dari batu andesit.

17 3. Candi Sumberawan Candi Sumberawan merupakan satu-satunya stupa yang terdapat di Jawa Timur. Jaraknya sekitar 6 km dari Candi Singasari. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Singasari dan digunakan oleh umat Buddha pada masa itu. Kawasan di sekitar candi ini sangat asri karena berada di dekat danau yang airnya sangat jernih. Ini memberi nama Kandi Ravan.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Gayatri Rajapatni Dan Perannya Di Balik Kejayaan Majapahit Halaman 1

18 4. Candi Kidal Candi Kidal merupakan salah satu candi milik Kerajaan Singasari. Candi ini merupakan tempat pemujaan Anusapati, raja kedua Singasara yang memerintah selama 20 tahun ( ). Kematian Anusapati disebabkan oleh Panji Tohjaya sebagai bagian dari kesaktian Singasari yang diyakininya sebagai bagian dari kutukan Mpu Ghandring.

19 5. Candi Jawi Candi ini terletak di tengah jalan raya antara Kecamatan Pandaan – Kecamatan Prigen dan Pringeurkan. Candi Jawi banyak dikira sebagai tempat pemujaan atau tempat pemujaan Buddha, padahal sebenarnya adalah tempat pedharman atau penyimpanan abu raja terakhir Singasari, Kertanegara. Sebagian abunya juga disimpan di candi Singasari. Kedua candi ini dihubungkan oleh candi Jago yang merupakan tempat pemujaan Raja Kertanegari.

Baca Juga  Sejarah Singkat Kerajaan Islam di Indonesia

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

20 6. Prasasti Manjusri Prasasti Manjusri adalah prasasti tulisan tangan di bagian belakang arca Manjusri. Dimulai pada tahun 1343. Sebelumnya disimpan di Candi Jago, dan sekarang disimpan di Museum Nasional Jakarta.

Sejarah Kerajaan Singhasari: Asal Usul, Sistem Pemerintahan, Dan Peninggalan

Prasasti Mula Malurung adalah dokumen yang mengkonfirmasi pemberian desa Mula dan desa Malurung kepada seseorang bernama Pranaraja. Prasasti ini berbentuk lempengan tembaga yang dikeluarkan oleh Kertanagara pada tahun 1255 sebagai raja muda di Kadir, atas perintah ayahnya Wisnuvardhana, raja Singhasari. Seluruh prasasti tertulis itu sekarang disimpan di Museum Nasional Indonesia di Jakarta.

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

22 8. Arca Dvarapala Arca ini berbentuk binatang raksasa. Menurut penjaga situs terkenal ini, arca Dvarapala merupakan pintu masuk ke kawasan Kotaraja. Namun keberadaan Kotaraja Singhasari masih belum diketahui.

23 9. Prasasti Vurare Prasasti Vurare adalah prasasti yang memperingati pemasangan arca Mahakshobhya di tempat bernama Vurare (maka diberi nama Prasasti Vurare). Prasasti tersebut ditulis dalam bahasa Sanskerta dan berangka tahun Saka 1211 atau 21 November 1289. Prasasti ini merupakan penghormatan dan simbol Raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari, yang menurut keturunannya memperoleh status Jina (Buddha Agung). Pada saat yang sama, penulisan dilakukan di bagian bawah. .

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Kerajaan Maritim Hindu Dan Buddha Di Nusantara

24 10. Prasasti Singosari Prasasti Singosari ditemukan di Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan sekarang disimpan di Museum Gajah dan ditulis dalam aksara Jawa. Prasasti Singosari, berangka tahun 1351 Masehi. Prasasti ini ditulis untuk memperingati pembangunan caitya atau candi pemakaman oleh Mahapatih Gaja Mada. Prasasti-prasasti ini diberi tanggal secara rinci, termasuk keterangan letak benda-benda tersebut, dan prasasti-prasasti ini juga berfungsi sebagai iklan pembangunan caitya.

Runtuhnya Kerajaan Singasari diawali dengan pertikaian yang terjadi di dalam keraton yang penuh dengan argumentasi yang kuat. Pada tahun 1292 M terjadi pemberontakan Jayakatonga (Bupati Gelang) yang merupakan sepupu, ipar dan ipar Kertanegara. Selama penyerangan ini Kertanegara tewas. Akhirnya Jayakatwang menjadi raja dan membangun ibu kota baru di Kedira. sejarah

Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

Sejarah kerajaan majapahit, sejarah tentang kerajaan majapahit, sejarah singasari dan majapahit, ringkasan sejarah kerajaan majapahit, sejarah kerajaan majapahit pdf, sejarah peninggalan kerajaan majapahit, sumber sejarah kerajaan majapahit, sejarah berdirinya kerajaan majapahit, silsilah kerajaan singasari dan majapahit, sejarah kerajaan singasari dan peninggalannya, cerita sejarah kerajaan majapahit, sejarah runtuhnya kerajaan majapahit

Leave a Comment