Contoh Soal Bangun Ruang Sd

Contoh Soal Bangun Ruang Sd – Contoh Bentuk Geometri dan Jawabannya – Setelah sebelumnya menjelaskan secara detail tentang bentuk geometri, pada episode kali ini kita akan melanjutkan dengan banyak contoh bentuk geometri beserta jawaban dan pembahasannya.

Rancangan ruang adalah perangkat matematika yang dipelajari dari sekolah dasar, yang diperluas ke sekolah menengah pertama di tahun ke-9 dan sekolah menengah atas di tahun ke-12, yang menjadi dasar bagi kita untuk benar-benar memahami rumus geometri.

Contoh Soal Bangun Ruang Sd

Pembahasan soal bentuk geometri berikut ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman tentang rumus geometri, khususnya rumus menghitung besar dan luas bangun ruang yang berbeda.

Contoh Soal: Volume, Luas Permukaan Dan Tinggi Tabung (+pembehasan)

Sekarang, sebelum melanjutkan dengan pertanyaan diagnostik, kami akan sedikit membangun kembali bidang tersebut. Di bawah ini adalah kumpulan rumus lengkap untuk volume dan luas permukaan bentuk geometris.

4. Sebuah kubus berukuran panjang 10 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 5 cm. Berapa volume dan luas balok?

5. Diketahui volume balok adalah 1.000 cm³. Jika lebar balok 10 cm dan tingginya 5 cm, berapakah luas balok tersebut?

6. Tahukah kamu bahwa balok tersebut memiliki luas 800 cm². Jika panjang balok 20 cm dan tingginya 5 cm, berapa volume balok?

Rumus Dan Contoh Soal Volume Kubus Dan Balok, 2 Bangun Ruang Yang Bentuknya Hampir Sama

7. Sebuah limas berbentuk segitiga memiliki luas alas 60 cm dan luas sisi tegaknya 30 cm. Jika tinggi limas 10 cm, berapakah volume dan luas limas tersebut?

  Pecahan Tambahan

Karena tinggi limas tidak diketahui, pertama-tama kita harus mencari tinggi limas (OP) menggunakan rumus segitiga Pythagoras. Langkah pertama adalah mencari panjang OQ. Karena alasnya berbentuk bujur sangkar, panjang OQ dapat ditemukan dengan membagi panjang sisi bujur sangkar dengan 2.

9. Sebuah prisma berbentuk persegi panjang memiliki panjang 10 cm dan tinggi prisma 15 cm. Berapakah volume dan luas prisma tersebut?

11. Sebuah kerucut memiliki jari-jari alas 7 cm dan tinggi 24 cm Berapakah volume dan luas permukaan kerucut tersebut?

Soal Ciri Ciri Bangun Datar Disertai Jawaban Dan Pembahasan

13. Volume sebuah tabung adalah 1.540 cm³. Jika tinggi tabung 10 cm, berapakah jari-jari tabung?

Leave a Comment